parboaboa

Puntung Rokok Diduga Pemicu Kebakaran yang Merugikan Miliaran Rupiah di Siantar

Putra Purba | Daerah | 31-03-2023

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyalamatan Kota Pematang Siantar masih berupaya memdamkan api yang menghanguskan empat unit rumah toko (ruko) di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara. (Foto: PARBOABOA/Putra)

PARBOABOA, Pematang Siantar- Kebakaran di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara Pematang Siantar yang menghanguskan empat unit rumah toko (ruko) diduga dipicu puntung rokok yang dibuang sembarangan. 

Saksi mata, Manurung (43) yang berprofesi tukang parkir di Pasar Parluasan mengatakan, sebelum api berkobar dan menghanguskan bangunan, terdengar suara ledakan yang keras.

"Kami langsung lari ke Toko Jaya, milik  Leng Tok Tji, yang jual cat itu," katanya kepada Parboaboa, Jumat (31/03/2023).

Ia menjelaskan, saat api mulai membesar, sang pemilik melompat untuk menghindari kebakaran. Saat itu dia terjebak di belakang etalase kaca yang berisi bahan material jualannya. 

Ia menduga kebakaran terjadi karena pembeli yang sedang dilayani Leng Tok Tji membuang rokok sembarangan dan tidak sengaja mengenai tiner yang dijual. 

"Saya tidak ingat muka yang beli itu, tapi kalau ditanya penyebabnya, saya pastikan bekas rokok dari yang beli menyambar ke tiner itu, dan api langsung besar," ucapnya. 

Manurung menambahkan, dia bersama beberapa masyarakat sempat berusaha memadamkan api agar tidak membesar, namun tidak bisa dijinakkan dan akhirny melaporkan ke tim pemadam kebakaran. 

"Itu pun pemadam ya lama kali datang, sampai kami kewalahan, sehingga menyebarnya cepat," tuturnya.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar dan Penyelamatan Kota Pematang Siantar, Robert Samosir mengatakan, ada empat unit ruko yang terbakar.

"Berdasarkan kesaksian warga setempat kebakaran terjadi ditandai dengan adanya ledakan dalam toko cat/bahan bangunan milik Leng Tok Tji, yang berada di tengah jajaran bangunan," katanya kepada Parboaboa.

Ia menjelaskan pemilik toko serta anaknya mengalami luka bakar dan kini menjalani perawatan intensif di rumah sakit. "Luka bakar yang dialami kurang lebih 31 persen disekujur tubuhnya," ucapnya.

Ia menuturkan, enam mobil Damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Kerugian diperkirakan Rp1 miliar.

"Penyebab ledakan atas kebakaran tersebut masih dalam proses penyelidikan yang berwenang," ucapnya. 

Kepala Satuan Reserse  Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Pematang Siantar, Banuara Manurung menjelaskan, penyelidikan kebakaran di Jalan Patuan Anggi, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, sudah ditangani Polres Pematang Siantar. 

Ia belum bisa memberikan komentar terkait penyebab kebakaran dan siapa pelakunya, karena butuh waktu dalam proses penyelidikan.

"Kami masih selidiki, apa benar karena itu, sabar aja," pungkasnya saat dikonfirmasi.

Editor: RW

Tag: #kebakaran    #pematang siantar    #daerah    #ruko    #pemadam kebakaran    #pasar parluasan    #puntung rokok    #berita sumut   

BACA JUGA

BERITA TERBARU