Quality time bersama keluarga (Dok. Simomot.com)

Perlukah Quality Time Bersama Keluarga? Berikut Penjelasannya

Juni | Pendidikan | 09-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Apakah kamu pernah mendengar slogan 'time is money'? Slogan itu merupakan istilah untuk kita agar lebih menghargai arti waktu. Di tengah kesibukan sehari-hari, ada baiknya kita meluangkan waktu bersama keluarga tercinta.

Lalu sebenarnya apa itu quality time? Arti quality time adalah waktu yang dihabiskan untuk memberikan perhatian penuh kepada orang-orang yang disayangi, seperti keluarga, pasangan, atau sahabat, tanpa ada gangguan disaat bersamaan.

Tak hanya sebatas menyenangkan pikiran, ternyata menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki banyak pengaruh positif.

Memiliki waktu khusus untuk keluarga bermanfaat untuk membantu membentuk ikatan yang baik antar anggota keluarga, menciptakan komunikasi yang sehat dan terbuka, serta menjadi media belajar anak.

Baca juga : Apa itu Physical Touch

Dikutip dari berbagai sumber, berikut telah Parboaboa rangkum beberapa manfaat yang di dapatkan dari quality time bersama keluarga. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Mempererat Ikatan Keluarga

Semakin sering meluangkan waktu bersama keluarga, maka akan semakin kuat ikatan antar anggota keluarga itu. Keluarga yang baik merupakan awal terciptanya anggota keluarga yang baik pula.

Baik dari segi mental dan juga psikologisnya, dengan ikatan keluarga yang semakin kuat, ketika permasalahan muncul tiba-tiba, maka akan dengan mudah untuk mencari solusi terbaik.

2. Menciptakan Suasana Keluarga yang Hangat dan Harmonis

Setiap orang tentu berharap memiliki keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, meluangkan waktu khusus untuk keluarga merupakan hal yang penting.

Kamu bisa mengajak keluarga melakukan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.Perlahan tapi pasti, keluarga Anda akan semakin kompak dan intens berkomunikasi satu sama lain.

3. Membuat Anak Lebih Terbuka

Mengajak anak mengobrol saat santai berguna untuk membangun komunikasi yang baik diantara orangtua dan buah hati. Seiring berjalannya waktu, buah hati perlahan akan merasa nyaman untuk menceritakan berbagai hal yang sedang dialaminya termasuk kehidupan sehari-harinya.

Ada banyak manfaat yang dirasakan ketika komunikasi dengan anak terjaga dengan baik, salah satunya adalah mengurangi risiko perilaku anak yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, kamu dapat mencegahnya cukup dengan melakukan hal sederhana saja, seperti menyiapkan waktu yang khusus untuk bersantai bersama buah hati Anda.

4. Meningkatkan Semangat Hidup

Quality time bersama keluarga juga dapat meningkatkan semangat hidup. Ketika memiliki pasangan yang harmonis dan perhatian, sang buah hati juga akan merasa antusias dan semangat untuk menata serta memperbaiki sikap ke arah yang lebih baik lagi.

Penting untuk kamu mengetahui bagaimana mempertahankan keluarga dalam kondisi selalu baik. Dengan demikian, rasa kesepian, dan sebagainya dapat dihindari dan tercipta kehidupan yang penuh kebahagiaan.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat quality time bersama keluarga. Yuk, mulai luangkan waktumu untuk keluarga tercinta.

Tag : #quality time    #family time    #pendidikan    #bahasa cinta    #love language   

Baca Juga