Ganda Putra Unggulan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon (foto: PBSI)

5 Tahun Bertahta, Rangking Kevin/Marcus Melorot ke Posisi Kedua

Rini | Olahraga | 20-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon lengser dari posisi ganda putra nomor satu dunia, setelah lima tahun bertahta.

Kini, pasangan yang dikenal dengan julukan The Minions itu tergeser ke posisi kedua menurut update rangking BWF per tanggal 20 Sepetember 2022 dan digantikan oleh ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Menurunnya rangking dari Kevin/Marcus ini terjadi karena penurunan performa pasangan ini dalam beberapa waktu terakhir, ditambah lagi dengan absennya mereka dari sejumlah pertandingan untuk pemulihan Marcus setelah menjalani operasi di pergelangan kakinya. Dalam turnemen terakhir yang mereka lakoni yakni di Kejuaraan Dunia 2022 yang berlangsung pada Agustus lalu, The Minions takluk di babak 16 besar.

Sedangkan beberapa ganda putra lainnya tidak mengalami perubahan posisi. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan diposisi keempat dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto diposisi keenam. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan masih diperingkat tiga belas, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri peringkat enam belas, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berada di peringkat tujuh belas.

Sementara itu, hasil sebaliknya didapat pasangan baru ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti justru semakin melesat di papan peringkat BWF. Mereka berhasil naik tiga peringkat langsung pekan ini dan mengisi posisi ke dua puluh enam dunia.  

Sedangkan dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting bertahan di peringkat enam dan Jonatan Christie di peringkat delapan. Sedangkan Shesar Hiren Rhustavaito naik ke posisi ke-24 dan Chico Aura Dwi Wardoyo ke peringkat 25, naik naik satu tingkat dari sebelumnya.

Untuk nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung masih bertahan di ranking dua puluh tiga dunia dan Putri Kusuma Wardani berada di peringkat empat puluh dunia.

Kemudian, di sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti belum tergusur dari peringkat lima dunia. Begitu juga dengan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang tak beranjak dari ranking tujuh belas dunia dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso masih menetap di posisi dua puluh sembilan.

Tag : #update rangking bwf    #bulu tangkis    #olahraga    #kevin sanjaya    #marcus gideon    #apriyani rahayu    #siti fadia    

Baca Juga