Peduli, Ratusan Koptan di Madina Dapat Bantuan Bibit dan Pupuk dari Pemda

Wulan | Daerah | 02-12-2022

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan bibir dan pupuk kepada ratusan kelompok tani di Madina.

PARBOABOA, Madina -  Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan bibir dan pupuk kepada ratusan kelompok tani (Poktan) di Madina.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati HM Jafar Sukhairi didampingi Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, dan Kadis Pertanian Siar Nasution kepada dua kelompok tani di Desa Manyabar Jae, Kecamatan Penyabungan, Kamis (1/12/2022).

Dalam hal ini, Bupati Madina HM Jafar Sukhairi menyampaikan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang bekerja sebagai petani.

"Ini sebagai langkah antisipasi ketahanan pangan, dan salah satu bagian menekan laju inflasi daerah serta sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada petani di Madina," jelasnya.

Jafar juga menyebut, untuk surplus ketahanan pangan saat ini ada padi, ternak dan juga ikan.

"Yang jadi kendala sebenarnya ada di bidang cabai rawit," sebut Sukhairi.

Dengan begitu, ia berharap bantuan bibit yang diberikan saat memasuki masa panen nantinya bisa menjawab keluhan masyarakat Madina, dan daya beli bisa lebih terjangkau.

Sementara itu Kadis Pertanian Madina Siar Nasution menambahkan, bantuan ini bersumber dari anggaran  Perubahan APBD 2022.

Adapun jenis bantuan yang di serahkan ke ratusan Poktan berupa bibit padi sawah sebanyak 52 ton untuk 152 koptan di kabupaten itu.

Kemudian, bibit jagung sebanyak 8 ton untuk 42 kelompok tani, bibit cabai untuk 35 hektare akan diberikan satu kelompok tani satu hektare, dan bibit bawang merah untuk 2 hektare serta pupuk dan mulsa.

Tag : #koptan    #madina    #daerah    #mandailing natal    #hm jafar sukhairi    #petani    #ekonomi    #madina siar nasution    #info sumut   

Baca Juga