Rumah warga terendam banjir di Pasar Bawah, Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dobana, Simalungun (foto: harianSIB)

Sungai Singkam Meluap, Ratusan Rumah di Simalungun Terendam Banjir

Dimas | Daerah | 18-08-2022

PARBOABOA, Simalungun – Ratusan rumah warga di Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Simalungun terendam banjir akibat meluapnya Sungai Singkam, Rabu (17/8) malam.

Salah satu warga yang terdampak banjir, Dharma menyebutkan bahwa debit air Sungai Singkam memang sudah meluap sejak Rabu malam dan akhirnya meluber ke pemukiman masyarakat.

“Tadi air naik, dan puncaknya itu pukul 07.00 WIB. Setelahnya berangsur surut. Sekira pukul 09.00 WIB lah tinggal genangan-genangan,” kata Dharma, warga yang terdampak banjir, Kamis (18/8/2022).

Meski begitu, Dharma mengatakan saat ini warga yang rumahnya terendam banjir telah mengevakuasi  barang milik mereka masing-masing. Namun, masyarakat yang terdampak masih merasa khawatir terkait adanya banjir susulan.

“Namun cuaca tidak mendung. Khawatir juga air nanti naik lagi. Tapi mudah-mudahan enggak hujan lah di hulu,” kata Dharma.

Di sisi lain, Camat Dolok Batu Nanggar, Osnidar Marpaung menjelaskan bahwa kini banjir sudah surut dan pihaknya bersama BPBD serta Dinas Sosial tengah melakukan pembersihan dan penyaluran bantuan.

" Banjir terjadi Rabu (17/8/2022) akibat hujan deras sejak sore hingga malam dan menyebabkan Sungai Singkam meluap," ujar Osnidar.

Akibat dari banjir itu, Osnidar memperkirakan setidaknya ada 100 rumah yang terendam banjit di daerah Serbelawan dan dua du Dolok Melangir. Oleh karena itu, pihaknya bersama dengan TNI dan Polri tengah berupaya melakukan penanganan terhadap korban banjir dengan membuka posko dan dapur umum.

Tag : #simalungun    #banjir    #daerah    #sungai singkam    #berita sumut   

Baca Juga