Ray-Ban Stories, foto: Crast.net

Kacamata Pintar Meta, Ray-Ban Stories Bisa Kirim WhatsApp

Wanovy | Teknologi | 15-07-2022

PARBOABOA - CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan akan meluncurkan lebih banyak fitur handsfree untuk kacamata pintar Ray-Ban Stories.

Pengguna Ray-Ban Stories kini dapat melakukan panggilan, mendengar bacaan pesan, dan mengirim pesan terenkripsi melalui WhatsApp.

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat melakukan panggilan dan mengirim pesan di WhatsApp secara handsfree dengan mengatakan, "Hai Facebook, kirim pesan ke..." atau "Hai Facebook, telepon..."

Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui isi pesan whatsApp yang baru masuk. Perangkat akan membacakan isi pesan tersebut, sesaat setelah pesan masuk. Misalnya, "Pesan baru di WhatsApp dari: Apakah sekarang saat yang tepat untuk bicara?"

Dilaporkan oleh TechCrunch (15/7), Meta juga berencana untuk menambahkan kemampuan membalas pesan masuk di Messenger dan WhatsApp secara handsfree.

Pengguna hanya perlu mengatakan, "Hai Facebook, balas" setelah kacamata membacakan pesan baru.

Pembaruan itu diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat unggahan Instagram pribadinya.

Unggahan tersebut memperlihatkan foto dirinya yang sedang berdiri sambil berjalan mengenakan kacamata Ray-Ban Stories.

Sebelumnya, kacamata Ray-Ban Stories telah mendukung fitur serupa untuk Facebook Messenger

Perbedaannya terletak pada kemampuan pengguna untuk membalas pesan teks di waktu yang bersamaan menggunakan perintah suara saja.

“Meluncurkan lebih banyak fitur handsfree pada Ray-Ban Stories hari ini. Sekarang, Anda bisa melakukan panggilan, mendengar pesan yang dibacakan, dan mengirim pesan melalui (aplikasi) Whastap," tulis Zuckerberg di postingannya, sebagaimana dikutip, Jumat (15/7/202).

"Nantinya, Anda akan dapat langsung membalas pesan (melalui) Messenger ataupun Whatsapp melalui perintah suara,” imbuhnya.

Saat ini, tidak ada petunjuk tentang dukungan perintah suara yang diperluas ke asisten virtual lainnya, juga tidak meluas di luar kasus penggunaan kacamata pintar.

Dilansir dari The Information, peluncuran fitur-fitur baru datang ketika Meta mulai mengurangi rencananya dalam mengembangkan kacamata AR.

Meta pada awalnya berencana untuk meluncurkan kacamata AR pertama pada tahun 2024 mendatang.

Namun, Meta merubah rencana tersebut dan tak akan menjual kacamata AR pertama mereka, melainkan langsung melompat ke kacamata AR versi kedua.

Sementara Meta merencanakan peluncuran kacamata AR versi kedua, perusahaan juga memberikan dukungan fitur-fitur menarik di kacamata pintar Ray-Bans Stories.

Kacamata pintar Ray-Ban Stories juga dilengkapi teknologi Beamforming dan algoritma khusus yang mampu meredam suara bising di sekitar wilayah pengguna.

Produk Ray-Ban Stories kemungkinan hanya akan tersedia di pasar AS, Kanada, Inggris, Irlandia, Austria, Belgia, Italia, Spanyol, dan Australia.

Namun, pasar yang sudah pasti akan menjual produk ini adalah AS, Australia, Kanada, Irlandia, Italia dan Inggris saja.

Sementara itu, harga yang dipatok Meta untuk kacamata pintar ini sekitar 299 dollar AS atau Rp 4,2 juta, sebagaimana dirangkum dari The Verge, Jumat (14/7/2022).

Belum diketahui juga apakah Meta akan meluncurkan produk ini di wilayah lain, seperti Indonesia.

Tag : #rayban stories    #meta    #internet    #teknologi    #facebook    #kacamata pintar    #mark zuckerberg   

Baca Juga