Jakarta International Stadium (JIS)

Real Madrid dan Barcelona Batal Tanding di JIS

Sondang | Sepakbola | 03-02-2022

PARBOABOA, Jakarta – Real Madrid dan Barcelona lagi-lagi gagal ke Indonesia guna mengikuti International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadium (JIS).

IYC rencananya bakal melibatkan tim U-18 Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Indonesia All Star di JIS. Pertandingan dijadwalkan pada 6-12 Februari 2022 mendatang namun terpaksa dibatalkan.

Itu karena tingginya kasus Covid-19 varian Omicron di Eropa, termasuk Spanyol yang membuat ketiga tim usia muda tersebut membatalkan kedatangannya.

"Kami mengucapkan ke ketua BNPB yang memberikan support dan dorongan, lalu menteri Marinvest, Menpora, PSSI, Kapolri kita sangat merasa didukung hanya karena Corona Omicron perhelatan charity ini tertunda dua kali," ujar Chairman Pancoran Soccer Field, I Gede Widiade, kepada wartawan, Rabu (2/2).

Sebelumnya, Gede sebenarnya sudah melakukan kontak dengan salah satu perwakilan klub asal Spanyol sejak Desember 2021 lalu. Rencana tanding di JIS kemudian berubah menjadi Januari 2022.

"Dua hari sebelum mulai Omicron masuk Indonesia. Sama Pak Luhut diminta tunda Januari atau Februari lalu kita sampaikan ke mereka dengan surat Gubernur karena penyelenggara 2 gubernur. Penundaan Pak Anies bikin surat lalu mulai lagi 6 Februari disurati juga. Tapi saat awal Januari tanggal 10 sampai 15 Omicron mulai naik di Eropa," jelasnya.

Kemudian salah satu tim perwakilan Atletico Madrid minta sebuah statement. Jika Omicron jadi wabah, maka mereka diberi hak menarik diri dari pertandingan atau kalau sudah di Jakarta diperbolehkan pulang tanpa dikenai sanksi.

Namun hingga tanggal 20 Januari, kondisi Corona di Eropa makin melonjak. Oleh karena itu, jadwal tanding 6 Februari tak memungkinkan untuk digelar.

"Tanggal 24 kita koordinasi semua dengan tim menyatakan kondisi sudah tak memungkinkan, tanggal 6 sudah tak memungkinkan lagi karena level Omicron sudah makin tinggi. Sekarang di Indonesia seperti ini. Kalau tim asing kena di sini jadi berita negatif. Sedangkan tujuan kita kan bukan sekali dua kali. Ini kan tujuannya charity, tujuannya menginformasikan penanganan COVID di Indonesia yang sukses. Kalau mereka sampai kena di sini malah jadi berita negatif," sambungnya.

Dia pun belum mengetahui kapan pastinya event International Youth Championship (IYC) akan berlangsung. Dia menyebut menunggu kondisi pandemi terkendali.

"Kapan tergantung keadaan sekarang. Saya tak mau mengorbankan kepentingan charity ditukar dengan kesehatan," pungkas Gede.

Tag : #real madrid    #barcelona    #international youth championship    #sepakbola   

Baca Juga