Leg kedua semifinal Liga Champions, Real Madrid vs Manchester City (Foto: UEFA Champions League)

Real Madrid vs Manchester City: Hanya Satu Gol, Semua Masih Bisa Terjadi!

Michael | Sepakbola | 04-05-2022

PARBOABOA – Real Madrid akan menjamu Manchester City pada leg kedua semifinal Liga Champions, Kamis (5/5) dini hari WIB. Los Blancos memang tertinggal satu gol setelah kalah 3-4 di markas The Citizens, namun semua masih bisa terjadi di pertandingan ini.

Real Madrid akan mendapatkan tambahan semangat karena akan bermain di Santiago Bernabeu. Tentu ini akan memberikan dampak yang besar terhadap para pemain Los Blancos yang membutuhkan kemenangan minimal dua gol untuk bisa melaju ke babak final.

Di sisi lain, Manchester City yang di leg pertama berhasil membawa keunggulan satu gol hanya membutuhkan hasil imbang agar bisa mencapai final kedua mereka secara berturut-turut.

Duel ini dipastikan akan berlangsung seru dan layak untuk ditonton. Apalagi, kedua tim ini merupakan kandidat kuat juara Liga Champions 2021/2022, hanya saja mereka bertemu lebih awal di babak semifinal ini.

Siapapun yang berhasil keluar menjadi pemenang dari laga ini akan berhadapan dengan Liverpool yang lebih dulu memastikan satu tempat di final setelah mengalahkan Villarreal dengan agregat 5-2.

Simak ulasan selengkapnya jelang pertandingan Real Madrid vs Manchester City di bawah ini!

Mental Menjadi Faktor Utama Pemenang Laga Ini

Real Madrid dan Manchester City merupakan tim yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Keduanya merupakan raksasa Eropa yang ditakuti banyak klub lain jika bertemu di pentas Liga Champions.

Namun, ada satu hal yang menjadi faktor pembeda dari kedua tim ini, yaitu mental.

Real Madrid mendapatkan julukan ‘Raja Eropa’ karena memiliki trofi Liga Champions terbanyak hingga saat ini, tentu hal ini sudah memberikan jawaban bagaimana mental para pemain Los Blancos di kompetisi tertinggi benua biru ini.

Sementara, Manchester City merupakan tim yang berhasrat meraih gelar Liga Champions pertama mereka. Ambisi ini hampir terpenuhi dimusim lalu, namun The Citizens harus takluk di partai final dari rekan senegaranya Chelsea dengan skor tipis 1-0.

Kekalahan di final musim lalu, mempunyai catatan menarik untuk Manchester City. Sebab, mereka merupakan tim yang paling diunggulkan dengan statistik tidak pernah kalah selama fase grup hingga mencapai partai final. Dan mental menjadi penyebab kekalahan mereka di final melawan Chelsea.

Hal ini tentu sudah disadari dan dibenahi Pep Guardiola selaku pelatih Manchester City. Hal ini terbukti dari mereka yang berhasil memuncaki klasemen Liga Inggris dan menebus babak semifinal Liga Champions musim ini.

Real Madrid juga baru mendapatkan suntikan mental juara setelah memenangkan gelar Liga Spanyol musim 2021/2022 dengan empat laga tersisa. Ini merupakan torehan ke-35 mereka sekaligus yang terbanyak diantara klub-klub Spanyol lainnya.

Siapa yang memiliki mental lebih siap untuk memenangkan kompetisi ini tentu akan lebih diuntungkan untuk melaju ke babak final. Real Madrid sebagai tuan rumah atau Manchester City yang mempunyai keunggulan satu gol? Semua masih bisa terjadi.

Pernah Saling Menyingkirkan

Keduanya beberapa kali pernah bertemu di fase gugur Liga Champions. Terakhir, The Citizens berhasil menyingkirkan Los Blancos di babak 8 besar edisi 2019/2020. Akan tetapi, jika ditarik lebih jauh lagi, Real Madrid juga pernah menyingkirkan Manchester City pada babak semifinal musim 2015/2016.

Jika dilihat dari statistik tersebut, kedua tim ini sudah pernah saling menyingkirkan. Dan laga dini hari nanti akan menjawab siapa yang akan kembali tersingkirkan.

Hanya Satu Gol! Semua Masih Bisa Terjadi

Manchester City hanya unggul satu gol, hal ini belum bisa memastikan mereka berhasil lolos ke final untuk menuntaskan ambisi mereka meraih gelar pertama juara Liga Champions.

Sementara, Real Madrid hanya tertinggal satu gol dan mereka tidak boleh menyerah selama 90 menit waktu normal pertandingan.

Kedua tim masih memiliki peluang yang sama untuk lolos ke final dan menghadapi Liverpool. Inilah sepakbola, semua masih bisa terjadi.

Kevin De Bruyne dan Karim Benzema

Kevin de Bruyne menjadi sosok penting pada leg pertama antara Manchester City vs Real Madrid di Etihad Stadium. Ia berhasil membuka keunggulan City melalui sundulannya di area kotak penalti serta memberikan assist untuk gol yang dicetak oleh Gabriel Jesus.

Gelandang asal Belgia ini adalah nyawa permainan Manchester City. Pergerakan dan operannya sering sekali memberikan The Citizens peluang bahkan gol yang dibutuhkan tim.

Pemain ini perlu diantisipasi Real Madrid bila ingin membalikkan keadaan. Jika mereka berhasil mengunci pergerakan Kevin de Bruyne, aliran bola Manchester City bisa dipastikan akan tersendat. Dan Real Madrid dapat mendominasi permainan.

Karim Benzema menjadi sosok yang menakutkan jika mendapatkan bola di area kotak penalti. Lihat apa yang bisa dilakukannya pada leg pertama ketika mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Real Madrid hampir saja menyamakan kedudukan, andai Ederson tidak tampil dengan gemilang.

Benzema berhasil mencetak dua gol pada pertemuan pertama. Satu gol tendangan penalti ala ‘Panenka’ sudah menunjukkan seberapa bagus penyerang asal Prancis ini dalam memaksimalkan sebuah peluang.

Manchester City harus memberikan perhatian lebih terhadap pemain ini. Barisan pertahanan yang dipimpin John Stones dan Ruben Dias tidak boleh lengah dalam menjaga pergerakan Benzema. Berhasil menghentikan pemain tersebut, The Citizens bisa saja melangkah ke final dengan tenang.

Nah, itulah ulasan menarik jelang pertandingan Real Madrid vs Manchester City dini hari nanti. Bagaimana jalannya pertandingan antara kedua tim tersebut? Mari kita saksikan bersama-sama.
 

Tag : #liga champions    #semifinal    #sepakbola    #real madrid    #manchester city    #pep guardiola    #carlo ancelotti   

Baca Juga