Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (dok Humas PP PBSI)

Rekap Lengkap Hari Pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Asia: Fikri Bagas Gugur

Rini | Olahraga | 26-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Perebutan gelar juara di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia telah dimulai pada Selasa (26/4) di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina.

Sebanyak 7 wakil Indonesia telah bertanding di hari pertama turnamen ini, namun 2 diantaranya bertanding di babak kualifikasi untuk memperebutkan tiket menuju babak utama, yaitu Komang Ayu Cahya Dewi dan Stephanie Widjaja.

Perjuangan kedua wakil tunggal putri ini tak sia-sia, keduanya berhasil melaju ke babak 32 besar. Dalam babak kualifikasi ini, Stephanie lebih dulu bertanding melawan wakil Maladewa, Fatimath Nabaaha Abdul Razzaq. Stephanie menyelesaikan pertandingan ini dengan skor 21-4, 21-8.

Perjuangan Stephanie kemudian berlanjut dengan bertanding melawan wakil Filipina, Janelle Anne Andres. Stephanie juga mengalahkan Janelle dua gim langsung dengan skor 21-10, 21-8.

Sedangkan Komang Ayu bersaing dengan wakil tuan rumah, De Guzman Mikaela Joy, dan wakil Malaysia, Myisha Mohd Khairul.

Dalam pertandingan pertama melawan Mikaela, Komang Ayu berhasil unggul dan mengunci kemenangan dalam dua babak langsung dengan skor 25-23 dan 21-8.

Kemudian Komang Ayu harus berhadapan dengan Myisha Mohd Khairul di pertandingan kedua. Komang Ayu juga menunjukkan hasil yang baik dan menang dengan skor 21-18 dan 21-9.

Kedua wakil Indonesia yang telah menyelesaikan babak kualifikasi ini akan bertanding di babak 32 besar besok.

Hasil Babak 32 Besar

Selain babak kualifikasi, 5 wakil Indonesia juga telah menyelesaikan perjuangan di babak 32 besar turnamen ini. Sayangnya dua diantaranya harus angkat koper lebih dulu, termasuk pasangan ganda putra pemenang All England 2022, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Di babak 32 besar ini, Fikri/Bagas berhadapan dengan wakil Jepang Akira Koga/Taichi Saito. Meski melakukan perlawanan sengit hingga 3 babak, Fikri/Bagas akhirnya harus takluk dengan skor 21-18, 17-21, 17-21.

Wakil kedua yang gagal melanjutkan perjuangan di kejuaraan Asia ini adalah wakil ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Berhadapan dengan unggulan kedua Jepang, Rehan/Lisa langsung takluk dalam dua babak langsung dengan skor 5-21, 12-21.

Beruntung ada 3 wakil Indonesia yang berhasil menang dan mengamankan tiket menuju babak 16 besar, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Kemenagan Fajar/Rian berhasil didapat setelah mengalahkan wakil India, M. R. Arjun/Dhruv Kapila dua babak langsung dengan skor akhir 21-16, 24-22.

Sedangkan Praveen/Melati berhasil menghentikan perlawanan wakil India, Venkat Gaurav Prasad/Juhi Dewangan dengan skor 21-9, 21-13.

Sementara itu, Rinov/Pitha mengalahkan wakil Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet dengan skor 21-10, 21-19.

Perjuangan atlet Tanah Air di Kejuaraan Indonesia ini masih berlanjut, 11 wakil Indonesia akan bertanding besok, Rabu (27/4) untuk mengamankan tiket menuju babak 16 besar.

Tag : #bulu tangkis    #kejuaraan bulu tangkis asia    #olahraga    #babak 32 besar    #fajar rian    #fikri bagas    #praveen melati   

Baca Juga