Lampu LED Pada Motor (Dok: Kompas.com)

Rekomendasi Untuk Anda Pencinta Otomotif, 5 Jenis Lampu LED Motor

Thoriq | Otomotif | 01-06-2022

PARBOABOA - Seiring berkembangnya modifikasi di Indonesia, pabrikan yang bergerak dibidang modifikasi berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah inovasi, terhadap beberapa komponen yang banyak digunakan oleh para modifikator.

Beberapa modifikator di Indonesia, tidak memandang harga dalam memodifikasi sepeda motornya. Hal tersebut sudah menjadi hobi bagi mereka, yang gemar melakukan ubahan pada kendaraan sepeda motor. 

Pabrikan kini menghadirkan beberapa inovasi baru untuk digunakan, dan berharap inovasi tersebut dapat menjadi sebuah tren. Salah satu contohnya, dapat dilihat pada inovasi lampu LED motor saat ini.

Sangat banyak pengendara sepeda motor yang mengaplikasikan lampu LED motor, pada kendaraan modifikasinya. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan pemasangan lampu LED motor. Pasalnya pemasangan jenis lampu LED motor, memiliki sejumlah kekurangan.

Apabila Anda sudah mempertimbangkannya, berikut ini adalah jenis-jenis lampu LED yang dapat diaplikasikan pada sepeda motor Anda.

1. Lampu LED Corong M11C

Lampu motor LED Corong M11C, merupakan sebuah penerangan yang dapat diaplikasikan pada sepeda motor dengan daya yang rendah, hanya 6 watt. Lampu ini tidak akan membuat AKI pada sepeda motor Anda menjadi boros.

Jenis lampu ini dapat menghasilkan sebuah cahaya yang cukup terang. Lampu LED motor ini juga sangat rekomendasi untuk Anda, karena pemasangannya yang mudah. Untuk harga lampu LED motor jenis M11C, berkisar antara 38 – 50 ribuan.

2. Lampu RTD 6 Sisi

Lampu RTD 6 sisi memiliki sebuah keunggulan, yaitu dapat digunakan dengan 2 mode, yaitu low, dan high beam. Tingkat kecerahan dari lampu ini bisa mencapai 3000 lumens, dan biasanya lampu ini disediakan dengan sebuah kipas pada bagian belakangnya.

Kipas tersebut untuk mengatasi suhu panas dari lampu RTD 6 sisi, yang memiliki output daya sebesar 35 watt. Untuk harga dari lampu RTD 6 sisi berkisar antara 130 ribuan. 

Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh, dan membutuhkan penerangan lebih, lampu ini mungkin bisa jadi rekomendasi untuk Anda.

3. Lampu RTD 3 Mata Waterproof

Lampu LED motor satu ini mungkin akan menjadi solusi bagi Anda, yang sering berkendara pada daerah berkabut. Jenis lampu LED ini dapat diaplikasikan di semua sepeda motor. Selain itu lampu LED motor ini juga tahan dari hujan, karena lampu ini sudah menerapkan teknologi waterproof.

Untuk harga lampu LED motor satu ini berkisar antara 60-70 ribuan. Apakah anda tertarik dengan lampu yang satu ini?

4. Lampu Cree Mini Owl Ultrafire 3

Lampu LED motor satu ini hampir mirip dengan RTD 3 Mata Waterproof, hanya saja dalam pemasangannya Anda harus menjepitnya pada area tertentu. Jenis lampu LED satu ini memiliki daya 30 watt. 

Desain pada lampu LED motor jenis ini terbilang kecil, sehingga tidak akan memakan banyak ruang pada sepeda motor Anda. Untuk harga lampu LED motor jenis ini, berkisar antara 50-100 ribu.

5. Lampu Cree Work 

Lampu LED motor Cree Work memiliki lampu yang cukup terang, terutama pada malam hari. Lampu motor LED satu ini memiliki fokus 30 derajat agar memudahkan Anda dalam berkendara pada saat hujan.

Akan tetapi lampu LED motor ini memiliki sebuah desain yang cukup besar, sehingga akan sedikit sulit untuk anda menentukan tempat untuk pengaplikasian lampu ini. Untuk harga lampu LED ini, berkisar antara 50-80 ribu.

Beberapa lampu LED motor tersebut bisa menjadi rekomendasi untuk Anda, akan tetapi dalam pemasangan segala jenis lampu LED, Anda harus memastikan arus pada motor Anda merupakan arus DC pada tegangan 12 volt.

Sebab, tegangan pada arus AC dapat menyebabkan lampu LED tidak stabil, sehingga lampu motor LED akan lebih mudah putus.

Tag : #modifikasi    #modifikasi lampu    #otomotif    #lampu led    #jenis lampu led    #modifikasi motor   

Baca Juga