Ilustrasi Kamera Analog (Foto:unplash.com)

8 Rekomendasi Kamera Analog untuk Pemula Terbaik Tahun 2022

Ester | Teknologi | 05-11-2022

PARBOABOA – Tren menggunakan kamera analog atau kamera jadul tengah menjadi tren saat ini. Terlebih di kalangan anak muda yang sering menerapkan konsep foto aesthetic di dalam setiap foto yang diposting di dalam sosial media, tentu kamera analog atau filter kamera analog sangat sering digunakan.

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi kamera analog untuk pemula yang wajib kamu coba. Meski untuk pemula, kamera analog di bawah ini memiliki kemampuan menghasilkan gambar yang baik.

Selain itu, kamera analog untuk pemula di bawah ini juga dapat memberikan hasil foto yang unik, vintage, serta old fashion yang disukai oleh banyak kalangan, termasuk para photographer profesional.

Lalu, apa sajakah kamera analog terbaik untuk pemula yang dapat kamu gunakan saat ini? Berikut kami berikan rekomendasinya untuk kamu coba.

1. Nikon FM2

Rekomendasi kamera analog terbaik yang pertama untuk kamu coba saat ini adalah Nikon FM2. Kamera satu ini dikenal dengan desain kamera yang kuat dan tangguh serta tahan banting. Banyak Photographer profesional juga yang sering menggunakan Nikon FM2 untuk mengabadikan setiap momen dengan baik.

Kamera ini juga didesain dengan lensa kamera yang dapat dibongkar pasang, bahkan untuk kamera digital sekalipun. Untuk mendapatkan Nikon FM2, kamu perlu mengeluarkan harga kamera analog sebesar Rp2 jutaan.

2. Canon AE-1

Selanjutnya adalah Canon AE-1. Kamera analog untuk pemula satu ini didesain khusus dengan pengoperasian yang mudah serta ringan. Canon AE-1 memiliki body yang terbuat dari plastik dan membuatnya sangat ringan serta menjadi salah satu kamera analog murah.

Harga kamera analog murah ini hanya dibanderol sekitar Rp1 juta. Meski murah, kamera ini dapat menghasilkan foto terbaik karena menggunakan dudukan bayonet Canon DF, yang kemudian digantikan oleh dudukan EF.

3. Nikon F5

Rekomendsai kamera analog pemula selanjutnya adalah Nikon F5. Kamera ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1996 dengan berbagai keunggulan yang diberikan. Salah satu keunggulan yang disajikan oleh kamera ini adalah desainnya yang kokoh dan adanya vertical gr membuatnya sering dipilih oleh photographer dalam menyajikan foto ala vintage.

Meski memiliki jenis kamera analog, Nikon F5 ini mempunyai fitur autofokus, aperture dan shut priority yang sangat baik untuk digunakan. Kamera ini juga memiliki desain unik dan cocok dijadikan sebagai kamera andalan saat berada di alam bebas.

4. Leica M

Leica adalah salah satu produsen kamera terbaik yang sudah dikenal banyak masyarakat luas. Salah satu produk kamera jadul yang mereka keluarkan sering menarik perhatian banyak orang, yakni Leica M.

Leica M adalah kamera analog yang termasuk ke dalam tipe rangefinder. Kamera ini memiliki kemampuan autofokus yang sangat cepat untuk menyesuaikan objek yang ada. Selain itu, desainnya yang kecil juga membuatnya mudah untuk dibawa kemana saja.

5. Pentax K1000

Pentax K1000 menjadi salah satu rekomendasi kamera analog terbaik yang dapat kamu gunakan saat ini. Kamera ini didesain secara manual dengan berbagai fitur menarik untuk digunakan oleh siapa saja.

Meski demikian, kamera ini masih membutuhkan baterai untuk lightmeter-nya. Namun, shutter di dalam kamera ini masih bisa berfungsi meski tanpa baterai sekalipun.

6. Nikon FE2

Nikon memang dikenal sebagai produsen kamera terbaik saat ini. Salah satu produk kamera analog mereka yakni Nikon FE2 yang dirilis pada tahun 1983 ini menjadi salah satu kamera analog untuk pemula yang wajib dimiliki siapa saja saat ini.

Di dalam kamera ini terdapat banyak fitur menarik untuk digunakan oleh siapa saja termasuk para pemula. Beberapa fitur di dalamnya adalah kemampuan shutter kamera yang cepat, jangkauan ASA/ISO mulai dari 12-4000, hingga harganya yang relatif murah.

7. Olympus OM-1

Tidak lengkap jika kita membahas kamera analog terbaik tidak menyertakan Olympus OM-1. Olympus OM-1 merupakan sebuah kamera analog yang sudah diluncurkan sejak tahun 1972. Kamera ini memiliki desain ramping dan ringan yang membuatnya enteng dibawa kemana saja.

Selain itu, kamera ini juga diakui sebagai SLR 35mm terkecil dan teringan di dunia yang memiliki kemampuan untuk menangkap setiap momen dengan baik. Dengan jangkauan ISO 25-1600 serta shutter speed 1/1000 detik, membuat kamera ini kerap diincar oleh banyak orang.

8. Minolta SR-T 101

Minolta SR-T 101 adalah salah satu kamera analog terbaik saat ini yang dirilis pada tahun 1966. Kamera ini memiliki jangkauan ASA/ISO yang cukup luas serta shutter speed dan flash yang dapat bersinkronisasi dengan baik.

Selain itu, desain dari kamera ini juga cukup ringan dan cocok dibawa kemana saja. Harga kamera analog ini juga relatif murah, dimana Minolta SR-T 101 ini dibandrol seharga Rp1 juta- Rp2,5 juta.

Tag : #kamera    #analog    #teknologi    #kamera analog    #foto    #photographer    #canon    #nikon   

Baca Juga