Tempat Kuliner di Pematangsiantar

Rekomendasi Tempat Kuliner di Pematangsiantar yang Wajib Kamu Coba

Wanovy | Travel | 06-01-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Mengunjungi suatu tempat tentunya tidak lengkap jika tidak mencoba kulinernya. Nah bagi kamu yang sedang berkunjung ke Kota Pematangsiantar, tidak ada salahnya untuk mendatangi tempat kuliner disini.

Kota Pematangsiantar atau biasa disebut Siantar ini bisa dibilang adalah kota persinggahan ke berbagai tujuan kota lainnya di Sumatera Utara. Misalnya dari Medan mau ke Danau Toba, sampai saat ini wajib harus lewat Pematangsiantar dulu, termasuk dari Bandara Kualanamu.

Tak heran jika kota ini banyak dikunjungi oleh pelancong maupun pendatang dari kota lain meskipun hanya sekedar singgah saja. Kenapa banyak pelancong mau singgah di kota Pematangsiantar? Tentu ada alasannya.

Selain terkenal dengan becak Siantar, kota ini sudah lama terkenal dengan kuliner yang rasanya tidak diragukan lagi ditambah dengan harga yang terjangkau.

Berikut ini adalah 7 rekomendasi tempat wisata kuliner di Pematangsiantar:

1. Mie Gomak Siantar

Mie gomak Siantar menjadi wisata kuliner legendaris di Pematangsiantar. Bahan dasarnya mie lidi dengan racikan rempah-rempah dan bumbu andaliman khas Batak.

Kata “Gomak” sendiri berasal dari bahasa Batak yang artinya genggam. Tapi, penyajian mie ini tidak digenggam langsung.

Warga menjuluki mie gomak sebagai spaghettinya Batak. Kuliner ini sangat mudah didapatkan di seluruh penjuru Siantar, terutama pada pagi hari. Mie gomak biasa dinikmati dengan kuah santan atau digoreng. Harganya seporsi sekitar Rp2.000 sampai 5.000.

2. Roti Ganda

Ganda merupakan nama tokoh roti yang ada di Jalan Sutomo di pusat Kota Pematang Siantar. Namun, orang-orang yang membeli roti ini akrab menyebutnya sebagai roti Ganda. Tokoh roti ini berdiri sejak 1979.

Roti Ganda sudah jadi oleh-oleh khas Siantar. Roti ganda banyak diincar pembeli adalah yang pakai srikaya, kemudian olesan cream dengan taburan seres cokelat padat. Harga roti ini berkisar dari Rp10.000 sampai 40.000, tergantung ukuran.

3. Mie Pangsit

Tempat wisata kuliner di Pematangsiantar selanjutnya adalah Mie Pangsit. Mayoritas Mie Pangsit di Medan berasal dari kota Pematangsiantar dengan cita rasanya yang beragam di tiap gerai penjual Mie Pangsit.

Mie Pangsit diolah dengan sangat berhati-hati melalui pengayakan bahan dasar dengan metode tradisional menggunakan bambu. Seperti di Mie Pangsit Aon yang telah eksis selama lebih dari 30 tahun.

4. Kok Tong

Kedai Kopi Kok Tong ada semenjak 1925, serta ini ialah kedai kopi sangat lama di Siantar. Ada di seputar jalan Surabaya Wahidin serta jalan Surabaya.

Kopi yang legendaris ini bahkan juga bukan sekedar berada di Pematang Siantar saja, kopi ini telah diketahui di Indonesia.

Di Siantar sendiri ada 3 gerai kopi Kok Tong. Bukan sekedar di Siantar saja, bahkan juga saat ini kok tong telah berada di Medan, Padang Sidempuan, Sibolga, Pekanbaru, Riau bahkan juga sampai Jakarta.

Ada yang terlewati bila kamu tidak bertandang kemari, tetapi tidak coba perasaan dari kopi kok Tong terpenting bagi beberapa pencita kopi. Kopi di kedai ini sebetulnya ialah kopi robusta asli dari Simalungun. Masih tetap diracik dengan manual serta tiada alat mesin yang jadikan kopi ini masih enak sampai saat ini.

Harga untuk satu gelas kopi Kok Tong dibanderol dari hari Rp 8000  serta Rp 12.000saja untuk kopi susu. Jadi anda tidak perlu cemas dengan dompet kamu, makanan di Siantar tidak akan menguras kantong kok.

5. Asli

Asli merupakan toko penjual snack oleh-oleh ciri khas Pematang Siantar. Ada di Jl. Merdeka no. 85-87. Makanan ciri khas Siantar memiliki bahan basic kacang tanah seperti Teng-teng, ak-am, pic-pac, tac-tac serta ping-ping berada di toko makanan ringan Asli yang terdapat di pusat kota Pematang Siantar.

Tidak hanya dari makanan memiliki bahan basic kacang tanah, ada banyak kembali camilan ciri khas kota Pematang Siantar ada di tempat ini, sebab memang tempat ini ialah pusat oleh-oleh Siantar.

Tempat ini juga diperbaiki jadi lebih cozy, jadi tidak hanya beli oleh-oleh kamu dapat juga sekalipun bersantai di tempat ini sebab disiapkan tempat duduk sekalian nikmati secangkir kopi.

Umumnya tempat ini banyak dikunjungin wisatawan lokal bahkan juga hinggga wisatawan mancanegara yang ingin mencari oleh-oleh ciri khas kota ini.

6. Roket (Roti Ketawa)

Tempat wisata kuliner di Pematangsiantar yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Setelah menjajali ragam santapan berat yang lezat diatas, kamu dapat memanjakan lidah dengan memakan makanan ringan seperti Roket khas Pematangsiantar.

Bentuknya yang bulat-bulat kecil dengan taburan wijen dengan pola merekah mirip orang tertawa di bagian tengah roti inilah yang membuat camilan ini dinamakan Roti Ketawa.

Teksturnya yang renyah dan garing dengan rasa gurih manis menjadikan camilan ringan ini cocok menemani aktivitas sehari-hari.

7. Miso Siantar

Wisata kuliner di Pematangsiantar lainnya yang sangat nagih yakni Miso. Kata Miso sendiri merupakan singkatan dari Mie dan Sop.

Campuran dari miso ini yakni daging ayam dengan bumbu rendang yang disajikan hangat dan berkuah. Kuahnya diracik menggunakan rempah-rempah khas disertai dengan sayuran, dijamin rasanya dapat menggoyang lidah kamu.

Miso juga dapat disantap dengan berbagai sate-satean, jeroan, bakso, perkedel, dan lain-lain. Wah, menggugah selera bukan?

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Pematangsiantar yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata siantar    #kulinersiantar    #pematangsiantar    #khassiantar   

Baca Juga