Tempat wisata di Semarang

Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Terbaru

Wanovy | Travel | 02-03-2022

PARBOABOA, Semarang - Tidak hanya terkenal dengan Lawang Sewunya saja, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki sejumlah spot wisata yang cocok dikunjungi untuk keluarga.

Tempat wisata di Semarang tersebut juga beragam pilihannya, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah yang semuanya ramah untuk keluarga.

Penasaran apa saja? Berikut ini Parboaboa sudah merangkum 10 rekomendasi tempat wisata di Semarang terbaru yang bisa kamu kunjungi.

1. Lawang Sewu

Tak lengkap rasanya jika ke Semarang tidak mengunjungi Lawang Sewu. Bicara soal tempat wisata di Semarang, tentu aja harus menyebut Lawang Sewu!

Merupakan bekas kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda, gedung ini juga sempat dijadikan kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

Sekarang, Lawang Sewu telah direvitalisasi dan dikonservasi menjadi sebuah museum dan tempat wisata.

Lawang Sewu merupakan salah satu lanmark paling populer di Semarang, dan terkenal dengan jumlah pintunya yang banyak hingga orang menyebutnya Lawang Sewu alias Seribu Pintu. Konon jumlah seluruh pintunya enggak sampai seribu kok, kamu bisa buktikan sendiri saat berwisata ke sana!

2. Kota Lama

Jejak peninggalan kolonial di Semarang dapat dijumpai di kawasan Kota Lama yang terletak di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Ketika berkunjung ke Kota Lama, kita akan merasakan sensasi seperti berada di luar negeri. Sebab, bangunan di sana memiliki gaya khas Eropa yang tak hanya menarik tetapi juga pas dijadikan latar berfoto.

Di Kota Lama, pengunjung juga dapat bersantai di Taman Srigunting, membeli barang-barang antik, berkeliling dengan sepeda, atau berkunjung ke Galeri Semarang dan Gereja Blenduk.

3. Ayana Gedong Sengo

Ayana Gedong Songo berlokasi di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa nongkrong sambil menikmati beragam spot cantik yang Instagramable banget.

Pengelola Ayana memang menyediakan banyak spot yang bisa dipakai para pengunjung untuk berfoto, di antaranya ada bubble tent, balon udara, tempat duduk unik di tengah kolam, dan hammock.

Suasananya di tempat wisata di Semarang terbaru yang satu ini juga begitu menyegarkan, karena Ayana berada cukup jauh dari hingar bingar lalu lintas.

4. Klenteng Sam Poo Kong

Selain Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong menjadi salah satu bangunan ikonik sekaligus destinasi wisata yang ada di Semarang.

Kelenteng yang juga dikenal dengan nama gedung Batu ini terletak di sebuah bukit batu tepatnya di sebelah barat daya Kota Semarang.

Tempat wisata di Kota Semarang ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga sebagai spot wisata sejarah, dimana konon kelenteng ini adalah tempat ini persinggahan pertama dari seorang laksamana Tiongkok yang terkenal karena beragam islam yakni Laksamana Cheng Ho.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah Masjid yang terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang Jawa Tengah.

Masjid ini sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 Hektar dan luas bangunan induk untuk shalat 7.669 meter persegi tersebut bargaya arsitektur perpaduan antara Jawa, Jawa Tengah dan Yunani.

6. Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada pula bangunan tua yang terkenal sebagai tempat wisata di Semarang, yaitu Gereja Blenduk. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur serta interior yang juga bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

7. Taman Bunga Celosia

Tempat wisata di Semarang berikutnya yang terletak di Bandungan ini buka pada pukul 09.00-16.00 WIB dengan tiket masuk bervariatif, berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 40.000. 

Di dalam taman ini, kamu akan disuguhi aneka pemandangan bunga, dari mulai celosia, hebras, lavender, diantus, gerbera, krisan dan masih banyak lagi.

Selain bunga, terdapat miniatur landmark dari berbagai negara seperti menara Eiffel dari Paris Perancis atau Kincir Angin dari Belanda.

8. Gardu Pandang Lereng Kelir

Salah satu tipe wisata alam yang booming di Indonesia adalah puncak bukit dengan latar belakang pemandangan indah. Kamu bisa menemukan tempat seperti ini di banyak area perbukitan.

Tempat wisata alam di Semarang yang paling terkenal ada di pegunungan Kelir. Kamu cukup datang ke lokasinya yang sederhana tapi memesona. Udaranya segar, pemandangannya memikat, dan kondisi alamnya masih sangat terjaga.

9. Pantai Tirang

Daya tarik utama dari tempat wisata alam di Semarang yang satu ini adalah lokasinya yang sangat dekat dengan berbagai pusat keramaian di Semarang. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Maron, dekat dengan Bandara Ahmad Yani, Museum Ronggowarsito dan berbagai destinasi wisata lainnya di Semarang.

Tempat wisata di Semarang ini juga memiliki sejarah yang sangat unik. Dulunya terdapat sebuah pulau tepat di lepas pantai, namanya Pulau Tirang.

Namun karena abrasi yang dahsyat, Pulau Tirang akhirnya hilang ditelan laut dan yang tersisa adalah pantai di daratan utama. Tirang merupakan spot memancing yang ideal serta memiliki pemandangan sunset yang memukau.

10. Watu Gunung

Watu Gunung berlokasi di Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Di tempat ini kamu bisa menikmati kolam pemandian dengan panorama khas Pegunungan Ungaran.

Suasananya yang tenang dan jauh dari hingar bingar perkotaan juga cocok buat kamu yang bosan dengan rutinitas kota yang bising.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang terbaru yang bisa kamu kunjungi saat liburan tiba. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata semarang    #semarang    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata religi    #wisata terbaru   

Baca Juga