Wisata kuliner di Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Rekomendasi Wisata Kuliner di Sibolga yang Sangat Enak dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 15-01-2022

PARBOABOA, Sibolga - Kota Sibolga menjadi salah satu kota tujuan wisata di Sumatera Utara. Dengan luas wilayah yang gak cukup besar dengan 10.77 km persegi, wilayah Sibolga dikelilingi laut yang eksotis yang tidak kalah indah dengan Bali dan Lombok.

Selain punya wisata Sibolga yang begitu indah, Kota ini juga punya kuliner yang sangat lezat dan tidak kalah menggoda. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan dibawah ini.

Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Sibolga yang bisa kamu nikmati selagi berada di Kota ini.

1. Rumah Makan Medan Seafood

Meskipun wisata kuliner di Sibolga ini bernama Rumah Makan Medan Seafood, kamu tidak perlu khawatir karena lokasinya masih berada di kawasan Kota Sibolga. Jika dilihat dari namanya, makanan ini jelas menyajikan ragam menu makanan laut sebagai menu utama yang selalu disajikan setiap harinya.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati olahan makanan laut menyegarkan, rumah makan satu ini bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi wisata kuliner di Sibolga.

Mengapa? Karena di Rumah Makan Medan Seafood kamu bisa memilih langsung jenis ikan yang masih hidup. Untuk selanjutnya, ikan tersebut akan diolah menjadi makanan yang disesuaikan dengan menu pilihan kamu.

Alamat: Jl. Imam Bonjol No.27, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

2. Ikan Panggang Paccak

Ikan Panggang Paccak menjadi makanan khas Sibolga yang menjadi favorit dan sudah banyak dikenal masyarakat luas terutama di Sumatera Utara.

Sajian ikan panggang ini disebut paccak yang berarti tepuk, di mana prosesnya ditepuk-tepuk saat proses pemanganggan, dengan batang serai. Serta bumbu racikan untuk ikan panggang ini diberi saat proses penepukan yang membuatnya berbeda dari ikan bakar pada umumnya.

Sementara rasa makanan ini tentunya berbeda dibandingkan dengan ikan bakar pada umumnya, yang mana karena ditepuk dengan serai membuat adanya sensasi wangi dari serai. Selain itu bumbu yang ditaburkan pada tubuh ikan juga sangat banyak sehingga rasanya begitu kuat dan nikmat pastinya.

3. Ikan Bakar Sari Laut Sibolga

Rekomendasri wisata kuliner di Sibolga yang berikutnya adalah Ikan Bakar Sari Laut Sibolga, tempat makan ini merupakan salah satu rumah makan di Sibolga yang menyediakan hidangan laut.

Sesuai dengan namanya, rumah makan ini memiliki hidangan utama ikan bakar. Disini, kita akan menemui berbagai macam jenis ikan yang akan diolah dengan cara dibakar.

Bagi kamu pecinta ikan, tempat ini akan menjadi tempat yang sangat recommended untuk kamu sinnggahi jika berkunjung ke Sibolga.

Alamat: Jl. S. Parman No.70, Kota Sibolga Sumatera Utara

4. Rumah Makan Thamrin

Dengan slogan ‘harga kaki lima, rasa bintang lima’, tampaknya pemilik Rumah Makan Thamrin ini tak main-main dalam memberikan sajian berkelas kepada para pengunjung rumah makannya.

Rumah makan ini tidak hanya berkutat pada seafood saja. Olahan ayam pun tak lepas dari buku menu rumah makan ini.

Menu-menu standar seperti nasi goreng telur pun juga tersedia. Dengan porsi yang lumayan besar, sajian dari rumah makan ini dijamin bisa memuaskan kamu. Terlebih saat jam-jam ‘rawan lapar’.

Selain nasi goreng, kamu juga bisa mencicipi ikan bakar, olahan kepiting, serta lalapan ayam. Untuk minuman, kamu bisa memesan berbagai macam jus dan es yang disajikan dalam porsi yang cukup besar.

Tempat wisata kuliner di Sibolga yang satu ini juga menyediakan ruang yang dilengkapi pendingin ruangan. Apabila kamu merokok, kamu juga bisa memesan ruangan sendiri yang dikhususkan untuk pelanggan yang merokok. Pelayanan yang ramah serta cepat menjadikan Rumah Makan Thamrin ini cukup ramai dikunjungi untuk wisata kuliner keluarga.

Lokasi: Jl. MH. Thamrin No.5, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga

5. Martabak Kairo PHR Sambas

Sesuai dengan namanya, tempat wisata kuliner di Sibolga yang cukup populer ini menyediakan menu sajian martabak yang tidak kalah menggoda. Sebenarnya tidak banyak perbedaan menonjol dari martabak kairo dan beberapa jenis martabak pada umumnya.

Karena adonan martabak Kairo Masih menggunakan bahan yang sama dengan penambahan telur, daging dan juga sayur sayuran segar.

Hanya saja, hal yang paling membedakan yakni adanya tambahan kuah untuk menemani santapan martabak Kairo. Jika selama ini kamu hanya menemui martabak yang disajikan kering dengan tambahan acar mentimun, namun akan berbeda dengan martabak Kairo yang ada di Sibolga.

Yang mana setiap pengunjung akan di sediakan mangkuk kecil yang di dalamnya berisi kuah rasa pedas asin. Kuah ini nantinya akan disiram ke atas martabak seperti layaknya cemilan pempek dari Palembang.

Perlu diketahui, di tempat ini juga menyediakan menu makanan lain yang tidak kalah menggoda. Misalnya saja nasi goreng dan juga bihun goreng.

Lokasi: Jl. Elang No.3, Pancuran Bambu, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

6. Rumah Makan Pak Nas

Wisata kuliner di Sibolga yang satu ini seringkali disebut juga sebagai restoran Pak Nas. Memasuki lokasi restoran ini kamu dapat melihat berbagai macam lauk yang disediakan, seperti rumah makan Padang.

Padahal, restoran ini sebenarnya adalah restoran Manado. Namun, tidak semua menu yang ditawarkan merupakan menu masakan Manado.

Salah satu menu unggulan di restoran ini adalah olahan makanan lautnya. Selain itu, gulai kepala ikan dalam porsi besar bisa kamu makan bersama dengan keluargamu.

Untuk menu minuman, tidak terlalu banyak perbedaan dibandingkan lokasi lain. Contohnya seperti teh panas atau es teh, kopi, dan jus buah asli.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.40, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga.

7. Kedai Kopi Bahagia

Meskipun diberi nama Kedai Kopi, bukan berarti lokasi ini hanya menyediakan kopi semata. Tapi kamu juga bisa mencicipi ragam masakan dan juga makanan ringan disini. Misalnya saja seperti menu sapo tahu yang gurih, tenderloin steak dengan daging empuk, dan juga menu sederhana seperti nasi goreng.

Setiap sajian yang dilakukan juga terbilang cukup unik. Dimana pelayanannya memberikan sensasi seakan akan pelanggan sedang makan di restoran berbintang lima. Padahal jika dilihat, Kedai Kopi ini terbilang seperti warung makan pada umumnya, dengan konsep kesederhanaan namun tetap membuat konsumen merasa nyaman.

Sajian makanan ringan yang juga bisa dicicipi dari Kedai Kopi Bahagia, yaitu spicy chicken wings, hingga roti bakar dengan topping yang berbeda beda. Bagi kamu yang senang dengan menu makanan pizza dan kentang goreng, kamu juga bisa mencicipi jenis makanan tersebut di Kedai Kopi Bahagia.

Alamat: Jl. Imam Bonjol No.70, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Untuk mengunjungi tempat-tempat diatas kamu tidak perlu khawatir soal kendaraan. Sibolga memiliki banyak alat transportasi yang bisa kamu jadikan alternatif jika ingin meng-explore Kota Sibolga lebih dalam lagi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Sibolga yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata sibolga    #sibolga    #tempat wisata    #kuliner sibolga   

Baca Juga