Oleh-Oleh Khas Medan: Resep Bika Ambon Bersarang

Oleh-Oleh Khas Medan: Resep Bika Ambon Bersarang

Sondang | Selera Nusantara | 14-10-2021

PARBOABOA, Siantar – Salah satu oleh-oleh yang terkenal dari Medan adalah Bika Ambon. Rasanya legit dengan penampilan khas berwarna kuning, dengan banyak rongga di dalamnya seperti sarang. Kue terkenal ini mudah ditemukan di pasar tradisional dan toko kue.

Secara tradisional resep bika ambon dibuat menggunakan fermentasi air nira atau tuak enau, sehingga dapat menciptakan rongga-rongga yang menjadi ciri khasnya.

Berdasarkan penelitian, nira aren mengandung 91,1% air, 0,28% kadar abu, 0,41% protein, 0% lemak, 8,21% karbohidrat dan 0,67% jumlah gula. Ini berarti air nira menyimpan kandungan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan dan dapat menjadi nilai tambah dalam pembuatan bika ambon.

Air nira juga diketahui sebagai bahan baku pembuatan gula semut, tuak (minuman tradisional beralkohol), dan cuka. Namun, bagi sebagian masyarakat yang menghindari konsumsi alkohol, resep bika ambon dapat dibuat dengan menggunakan ragi instan biasa dan air kelapa.

Jika kamu berkunjung ke Medan, wajib nih beli bika ambon. Kamu juga bisa buat sendiri loh, Parboaboa telah merangkum resepnya. Yuk simak kelanjutannya!

Bahan yang diperlukan:

- 200 gr tepung terigu

- 200 gr gula halus

- 100 gr tepung tapioka

- 200 ml santan cair

- 4 butir telur

- 2 sdm margarin, cairkan

- 1 sdt vanili bubuk

- 2 batang serai, memarkan

- 5 lembar daun jeruk

- 1 lembar daun pandan

- 1 sdt kunyit bubuk

- ½ sdt garam

Bahan biang:

- 2 sdt ragi instan

- 4 sdm gula pasir

- 100 ml air hangat

Cara Pembuatan:

1. Campurkan bahan biang, diamkan hingga berbusa, tandanya ragi masih aktif.

2. Panaskan santan dan garam. Masukkan kunyit bubuk, daun pandan, serai dan daun jeruk. Masak hingga santan matang, angkat dan saring.

3. Kocok telur dengan vanili bubuk. Masukkan gula halus dan tuang santan yang sudah dimasak. Masukkan semua tepung dan aduk rata. Masukkan margarin, aduk rata. Diamkan adonan selama 1 jam.

4. Siapkan kukusan, panaskan dan lapisi tutupnya dengan kain.

5. Siapkan loyang, oles loyang dengan margarin dan lapisi dengan kertas roti. Tuang adonan ke dalamnya.

6. Kukus hingga matang atau kurang lebih 30 menit. Tusuk dengan lidi, jika sudah tidak ada yang menempel, berarti bika ambon sudah matang.

7. Bika ambon siap disajikan. Selamat menikmati!

Tag : #selera nusantara    #bika ambon    #medan    #resep   

Baca Juga