Resep Bubur Sumsum, Simpel dan Enak Banget

Resep Bubur Sumsum, Simpel dan Enak Banget

Sondang | Selera Nusantara | 17-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Bubur sumsum bukanlah makanan yang asing lagi bagi kita. Bubur putih ini disajikan dengan saus gula merah dan sangat sering ditemukan di pasar atau di bagian jajanan. Tak jarang juga ada gerobak keliling yang menjajakan makanan ini.

Bubur sumsum memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih. Wanginya santan dan manisnya gula merah yang dicairkan juga semakin melengkapi cita rasa dari sajian bubur sumsum.

Bubur sumsum bisa disajikan putih polos atau diberi campuran air suji dan pandan, diberi campuran potongan nangka, biji jagung atau ubi merah. Paduannya tetap sama, kinca atau saus gula merah yang legit wangi.

Disebut bubur sumsum karena dinikmati sebagai makanan pemulih tenaga, mengembalikan sumsum setelah bekerja berat. Seperti acara penikahan atau pindah rumah. Bahannya sederhana dan mudah dibuat.

Untuk membuat bubur sumsum, bukanlah pekerjaan yang sulit. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemukan. Berikut resep bubur sumsum yang simpel dan enak banget.

Bahan yang dibutuhkan:

- 200 g tepung beras

- 2 lembar daun pandan

- 1 bungkus santan kelapa saset ukuran kecil

- 1 buah gula merah

- garam secukupnya

- ½ sdt garam

- 2 liter santan

- 500 g gula aren, iris halus

- 3 sdm gula pasir

- 500 ml air

Cara pembuatan:

1. Siapkan sebuah wadah, masukkan tepung dan campur dengan 1 liter santan hingga larut.

2. Panaskan sisa santan dalam panci, kemudian beri garam, 1 daun pandan dan masak hingga panas. Namun, jangan sampai mendidih.

3. Tuangkan larutan tepung ke dalam panci lalu kecilkan api. Aduk-aduk hingga adonan mengental. Jika sudah mendidih dan teksturnya licin, segera angkat dan dinginkan.

4. Panaskan air di dalam panci kemudian masukkan gula aren, gula pasir, dan daun pandan hingga mendidih. Angkat lalu saring dan dinginkan.

5. Ambil mangkok, masukkan bubur sumsum dan siram dengan saus gula aren. Makanan siap disajikan.

Selamat Mencoba!

Tag : bubur sumsum, saus kinca, menu sarapan, selera nusantara

Berita Terkait