Resep kripik kulit batang pohon pisang

Resep Kripik Kulit Batang Pisang

Olivia | Selera Nusantara | 03-01-2022

PARBOABOA – Kita semua pasti pernah melihat dan kenal batang pohon pisang. Siapa sangka batang pohon pisang juga bisa diolah menjadi cemilan yang enak dan murah.

Kripik dari kulit batang pohon pisang ini tidak menggunakan sembarang batang pohon pisang, yang digunakan hanya batang pohon pisang kepok dan pohon pisang tanduk.

Cita rasa yang dihasilkan sedikit mirip dengan jamur crispy. Tidak perlu berlama-lama, silahkan dilihat bahan dan cara pengolahannya dibawah ini.

Bahan-bahan:
Bagian kulit paling dalam batang pohon pisang Kepok atau Tandung
Kapur sirih
Air mentah
Garam
Tepung terigu
Tepung Maizena
Minyak

Cara Mengolah:
1. Ambil kulit batang pohon pisang kepok atau pisang tanduk yang paling dalam/muda. Kemudian iris tipis-tipis.
2. Campurkan air mentah dengan kapur sirih yang sudah dilarutkan dan sedikit garam (sesuai selera). Rendam kulit pisang didalam air campuran tersebut. Kulit pohon pisangnya direndam semalaman, gunanya untuk mengurangi rasa pahit dari kulit batang pohon pisang.
3. (Keesokan harinya) cuci bersih kulit pohon pisang yang sudah direndam semalaman di air mengalir untuk menghilangkan kapur sirih yang digunakan pada saat merendam.
4. Campurkan tepung terigu dan maizena. Kemudian balurkan kulit pisang tadi kedalam adonan tepung, lalu digoreng di minyak yang sudah panas.
5. Apabila sudah berubah warna, sudah bisa diangkat dari minyak dan ditiriskan.
6. Sajikan dengan saos (sesuai selera)

Setelah digoreng, kulit batang pisang bentuknya mirip seperti taro dan rasanya yang kriuk-kriuk menambah cita rasa seperti lagi makan jamur crispy.

Selamat Mencoba!

Tag : #resep makanan    #kripik kulit batang pisang    #cemilan    #resep    #simpel    #batang pohon pisang   

Baca Juga