GIAAS 2021 telah resmi dibuka.

Resmi Dibuka Menko Perekonomian, GIIAS 2021 hadirkan banyak kendaraan Listrik

Maraden | Otomotif | 11-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka pada Kamis (11/11/2021). Acara pameran otomotif ini aka berlasngsung selama 10 hari hingga 21 November 2021.

Menteri Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan acara pembukaan GIIAS 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten, 21 November 2021. Dalam sambutannya dia mengatakan harapannya terhadap dunia otomotif nasional semakin bertumbuh pesat. Dia juga mneyoroti perkembangan elektrifikasi yang sudah semakin membaik di Indonesia. Hal itu menurutnya sangat penting untuk mendukung penguraungan emisi demi menciptakan iklim global yang seimbang.

"Kita berharap bahwa pameran ini mendorong kebangkitan industri otomotif karena industri otomotif multiplier effect-nya tinggi. Saya melihat ada beberapa launching kendaraan bermotor baru di GIIAS. Ada juga kendaraan bermotor battery vehicle (mobil listrik) yang diharapkan bisa membuat ekosistem supply chain dari electric vehicle," kata Airlangga dalam sambutannya saat upacara pembukaan GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Kabupaten Tangerang, Kamis (11/11/2021).

Mengenai kendaraan listrik, pak Menteri mengungkapkan Indonesia sudah punya material yang bisa dimanfaatkan untuk industri kendaraan listrik, di antaranya nikel, kobalt, dan mangan. Dia mengatakan Industri kendaraan listrik Nasional harus didukung untuk menggerakkan perekonomian di Indonesia.

"Dan kita dorong untuk industri katoda, industri battery cell sampai industri otomotif. Kita punya kemampuan dengan adanya domestic market untuk membuat industri supply chain yang lengkap, dan kita berharap industri ini seluruh swasembada di dalam negeri dan produknya bisa diekspor ke berbagai negara," ucapnya.

GIIAS sendiri adalah perhelatan akbar pameran otomotif berkelas internasional. Event ini diadakan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia). Acara GIIAS ini diisi oleh para Agen Pemilik Merk (APM) ternama yang akan memamerkan produk-produk otomotif terbarunya. GIIAS diselenggarakan setiap tahun dan menjadi Jendela Industri Otomotif Indonesia. Walaupun pada 2020 GIIAS ditiadakan terkait pandemi, dan khusus tahun 2021 ini kembali diundur dan baru akan dilaksanakan pada November ini. Pameran bertaraf internasional ini akan berlangsung selama 11 hari, mulai 11-21 November 2021.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dalam sambutannya mengungkap saat ini Indonesia telah berhasil berswasembada kendaraan bermotor.

"Saat ini Indonesia telah Swasembada kendaraan bermotor, karena selama beberapa tahun ini kebutuhan domestik kendaraan bermotor telah mampu dipenuhi oleh industri otomotif Indonesia, bahkan berhasil memenuhi kebutuhan pasar ekspor," tutur Nangoi saat pembukaan GIIAS 2021, Kamis (11/11/2021).

Tag : #giias 2021    #otomotif    #gaikindo    #Menteri Bidang Perekonomian    #Airlangga Hartarto   

Baca Juga