Presiden Jokowi dalam acara peresmian Startup BUMN Day 2022 di Tangerang (Foto: Muchlis Jr)

Resmikan BUMN Startup Day 2022, Jokowi Ungkap Penyebab Bisnis Rintisan Gagal Berkembang

Adinda Dewi | Ekonomi | 26-09-2022

PARBOABOA Jakarta –  Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan BUMN Startup Day 2022 Indonesia di Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Senin (25/09/2022).

Dalam pidatonya, Jokowi mengungkapkan bahwa hampir 90% startup di Indonesia mengalami kegagalan saat merintis karena tidak melihat kebutuhan pasar.

"Hati-hati 80% sampai 90% startup gagal saat merintis. Karena sekali lagi tidak melihat kebutuhan pasar yang ada. berangkatnya mestinya dari kebutuhan pasar yang ada itu apa," ungkap Jokowi.

Selain itu, faktor yang membuat startup tidak bisa bertahan karena keterbatasan modal. Sehingga menurut Jokowi peran modal ventura sangat penting dalam menunjang pembiayaan perusahaan rintisan.

"Ini nanti fungsinya venture capital. Fungsinya BUMN agar ekosistem besar yang ingin kita bangun ini bisa saling sambung sehingga semuanya terdampingi dengan baik dan bisa tidak gagal untuk masuk ke pasar-pasar, ke peluang-peluang yang ada di negara kita," jelas dia.

Selain itu, dia juga menyampaikan sejumlah masalah yang dihadapi UMKM di Indonesia mulai dari, urusan kemasan, urusan kualitas, produksi, urusan kapasitas produksi, dan masih sedikit yang masuk ke platform digital.

"Hati-hati kita memiliki 65,4 juta UMKM. Memang masih banyak persoalan, urusan kemasan, urusan kualitas, produksi, urusan kapasitas produksi, tetapi di situ baru 19 juta yang masuk ke platform digital. Sehingga masih ada ruang yang sangat besar untuk bisa kita kerjakan di sana," kata dia.

Sehingga diharapkan startup BUMN ini dapat mendorong kolaborasi antara perusahaan pelat merah, venture capital, dan para perusahaan rintisan di Indonesia.

 

Tag : #presiden jokowi    #startup    #ekonomi    #perusahaan rintisan    #peresmian startup bumn di tangerang   

Baca Juga