Tampilan depan buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan (Foto: TokoAlvabet)

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan: Bacaan yang Bisa Bikin Kamu Berpaling

Andre | Pendidikan | 21-07-2022

PARBOABOA - Para pembaca buku-buku berlatar belakang sejarah tentu sudah tidak asing dengan buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan karya Jonathan Black.

Dari judulnya saja sudah mengundang rasa penasaran, apalagi isinya. Saking fenomenalnya, buku ini sempat menjadi perbincangan di berbagai platform.

Karya Jonathan Black berjudul Secret History of The World yang terbit pada tahun 2007 ini diterjemahkan oleh Isma B. Soekanto dan Adi Toha.

Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan menceritakan tentang misteri sejarah dunia yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh publik atau bahkan memang sengaja dikaburkan, dihilangkan, dan tidak diangkat ke masyarakat.

Buku ini sangat menarik untuk ditambah dalam koleksi bacaan karena topiknya yang bersifat universal dan didukung oleh berbagai fakta dan mitos.

Sang penulis, Jonathan Black, berupaya menyampaikan gagasannya tentang fenomena yang ada di dunia. Mulai dari penciptaan semesta, misteri manusia, iblis, dan fenomena lainnya.

Jika kamu tertarik menuntaskan buku ini, yuk simak terlebih dahulu review buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan berikut ini.

Deskripsi Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

  • Judul Buku: Sejarah Dunia yang Disembunyikan
  • Pengarang: Jonathan Black
  • Tahun Terbit: 15 Mei 2015
  • Penerbit: Alvabet
  • Jumlah Halaman: 636
  • Penerjemah: Isma B. Soekoto, Adi Toha
  • Genre: Sejarah

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Banyak orang yang mengatakan bahwa sejarah ditulis oleh para pemenang yang mungkin memang benar menyaksikan segala hal terkait suatu sejarah.

Namun, bagaimana jika sejarah tersebut ditulis dan dikisahkan oleh orang yang salah? Yang mana, dia hanya mengarang saja.

Bagaimana jika ternyata sebagian besar cerita sejarah yang telah diamini oleh banyak orang itu nyatanya tidak sesuai dengan realita sebenarnya?

Pada review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan karya Jonathan Black ini akan banyak membahas pertanyaan-pertanyaan seputar keraguan dan kepercayaan manusia di masa lalu, yang memang tidak pernah disaksikan secara langsung.

Dalam buku ini juga, sang penulis berusaha mengupas secara mendalam berbagai misteri yang ada di dalam sejarah dunia, mulai dari mitologi Yunani, Mesir Kuno, cerita kepercayaan rakyat Yahudi, Kultus Kristiani, Freemason, George Washington, Hitler, Muhammad SAW, hingga legenda seribu satu malam yang fenomenal.

Jonathan menunjukkan bahwa pengetahuan sejarah yang terlanjur mapan perlu dipikirkan kembali secara revolusioner.

Dengan pengetahuan alternatif ihwal sejarah dunia selama lebih dari 3.000 tahun, dia mengungkap banyak rahasia besar yang selama ini menurutnya sengaja disembunyikan dari publik.

Buku sejarah ini memang disusun dengan cara seperti demikian.

Dalam empat bab pertama, buku ini akan memperlihatkan para pembaca perihal apa yang terjadi “di awal” sebagaimana yang telah diajarkan oleh pihak-pihak yang dimaksud di atas.

Pada bab-bab selanjutnya, buku ini akan menampilkan banyak teori, fakta, hingga mitos legenda yang sebelumnya tidak pernah diajarkan di sekolah umum.

Di bab delapan, cerita berlanjut dan mengisahkan tentang moster dan bintang-bintang menakjubkan, bentuk keajaiban, ramalan-ramalan, serta tokoh-tokoh sejarah yang diduga berkomplot mengatur jalannya kejadian.

Melalui buku ini, Jonathan berharap agar seluruh pembaca mampu menerima dan menikmati gagasan yang dituangkannya dalam buku yang mungkin saja bertentangan dengan apa yang diyakini para pembaca selama ini.

Maka dari itu, buku ini akan membuatmu berpikir lebih kritis dan mendorongmu untuk lebih berhati-hati dalam mencerna suatu informasi, sekalipun itu sudah diamini oleh banyak orang.

Teori, Fakta, Hingga Mitos

Bagaimana cara mengetahui bahwa buku ini memang mencurahkan kejanggalan dari cerita sejarah yang sebenarnya?

Nah, buku ini penuh dengan teori dan fakta yang sering kita sebut dengan konspirasi, hingga mitos-mitos yang beredar dari suatu peristiwa sejarah.

Secara garis besar, buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan ini hampir sama seperti buku-buku bertema illuminati lainnya.

Bedanya, buku ini lebih sering menyusun referensi historis beserta kutipan sumber yang banyak. Bahkan, sejak dari bagian pendahuluan, penulis sudah menghimbau para pembaca untuk menggunakan imajinasi yang tulus dan pikiran yang terbuka agar dapat mengikuti cerita yang ada di dalam buku.

Singkatnya, kamu akan merasa tidak kuat membaca isi buku ini jika mencoba memahaminya dengan beban pengetahuan sejarah yang telah kamu ketahui dan yakini sebelumnya.

Dalam buku ini, Jonathan Black seperti mendongeng, namun dibarengi dengan penjelasan yang begitu kompleks.

Dia akan menunjukkan kenyataan-kenyataan alternatif tentang dunia, seperti pendapat tokoh-tokoh terkait yang menuliskan sejarah, hingga kisah dari tokoh-tokoh yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang mana tidak pernah dituliskan eksistensinya.

Bahkan hampir tidak ada ruang bagi pembaca untuk menganalisis perbedaannya dengan realita yang selama ini kita ketahui.

Nah, review buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan tidak lengkap rasanya jika tak membahas covernya.

Tampilan depan buku ini memiliki hamparan merah di bagian atasnya dengan teks "BESTSELLER INTERNASIONAL" yang membuat banyak orang penasaran.

Terdapat banyak simbol-simbol agama dan keyakinan yang disatukan dalam sebuah lingkaran seperti koin dengan lambang iluminati di tengahnya. Hal ini juga yang membuat buku ini menjadi buku sejarah yang kontroversional.

Kesimpulan

Dalam buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan, sang penulis mencoba menunjukkan bahwa dunia sangatlah aneh, misterius, dan penuh rahasia. Sementara manusia masih menjadi jantung dari teka-teki besar itu.

Jonathan Black menggabungkan banyak filosofi yang penuh dengan teori-teori aneh, namun tetap menghibur.

Ada banyak hal-hal unik yang ada dalam buku ini dan menarik minat para pembaca karena wawasan Jonathan Black tentang pengetahuan esoteris layaknya ensiklopedia.

Karya yang satu ini terbilang luar biasa, tetapi masih memiliki beberapa celah yang rasanya akan mengurangi minat orang untuk membacanya sampai habis.

Bukan masalah bukunya yang berat ataupun halamannya yang banyak, tetapi isi buku itu yang berat untuk dipahami karena banyak terjemahan yang masih membingungkan orang awam seperti istilah-istilah asing yang nantinya banyak ditemui dalam buku ini.

Meskipun demikian, buku ini masih layak masuk dalam koleksi bacaan kamu selanjutnya karena salah satu manfaat membaca buku adalah menambah wawasan, terutama buku karya Jonathan Black ini menawarkan pengetahuan serta pengalaman baru yang tidak akan kamu temui dalam karya-karya lainnya.

Itulah review singkat buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan, buku yang lumayan kontroversional di kalangan pembaca Indonesia. Bagi kamu yang tertarik, silahkan membacanya langsung. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Tag : #buku    #review buku    #pendidikan    #Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan    #buku sejarah   

Baca Juga