Melihat kecanggihan masker LG Puricare Wearable Air Purifier

Review Masker Canggih LG Puricare Wearable Air Purifier

Wanovy | Teknologi | 19-10-2021

Masker canggih buatan LG Electronics, yaitu LG Puricare Wearable Air Purifier, resmi diboyong ke Indonesia pada pertengahan Agustus lalu.

Berbentuk masker, sebenarnya ini merupakan alat pembersih udara (air purifier) canggih yang menutupi bagian hidung dan mulut, serta dapat digunakan setiap saat termasuk beraktivitas di luar ruang.

LG mengklaim perangkat pembersih udara berbentuk masker wajah ini memungkinkan penggunanya menghirup udara yang lebih bersih, tanpa adanya polusi dan partikel dan bakteri berbahaya lainnya.

LG Indonesia membanderol 'masker canggih' ini Rp 2,39 juta per unit. Dengan harga segitu, pembeli akan mendapat perangkat utama termasuk empat filter PuriCare, 10 lapisan dalam, 1 tali tambahan untuk telinga, dan 1 kabel pengisi daya tipe C. Untuk menjaga tingkat kebersihannya, LG juga menyediakan satu kantong khusus.

Lantas, apa sih istimewanya masker LG PuriCare Wearable Air Purifier ini?

LG Puricare Wearable Air Purifier mengandalkan dua buah filter H13 HEPA yang diklaim bisa menyaring 99 persen polusi di udara, termasuk bakteri dan partikel pembawa virus.

Sebelum bisa dipakai, masker air purifier ini harus dipasangi dengan sejumlah pelengkap terlebih dahulu supaya beroperasi sesuai dengan fungsinya.

Beberapa di antaranya seperti memasang dua buah filter H13 HEPA di sisi kiri dan kanan masker, serta komponen Inner Cover yang berguna untuk melindungi bagian dalam masker dari percikan pernafasan.

Terdapat pula komponen pelindung silikon (Face Guard) yang berfungsi untuk membuat hidung hingga dagu kita menempel dengan masker. Komponen ini dibekali dengan magnet sehingga bisa melekat kuat dengan masker.

Setelah semua komponen terpasang, pengguna kemudian bisa menyalakan masker dengan cara menekan tombol power selama kurang lebih dua detik hingga terdengar bunyi "beep".

Kinerja ini telah diverifikasi melalui pengujian yang dilakukan di bawah observasi lembaga uji internasional TÜV Rheinland di Korea Selatan pada Mei lalu.

Masker canggih ini juga nyaman digunakan, karena memiliki pelindung bagian dalam dari material silikon medical grade sehingga nyaman saat menempel di wajah.

Desainnya juga dibuat untuk meminimalisasi tingkat kebocoran udara hingga di bawah 10 persen sepanjang penggunaannya. Meski desainnya rapat, proses penapasan penggunanya tidak terhambat. Karena ada dual fan dan respiratory sensor.

Berbentuk kipas yang menempel pada tempat filter, dual fan memastikan penyaringan udara lebih baik dengan opsi pengaturan tiga tingkat kecepatan. Sementara respiratory sensor bekerja mengidentifikasi tingkat volume pernapasan pengguna.

Jika dibandingkan dengan masker wajah pada umumnya, LG Puricare Wearable Air Purifier memang terlihat lebih tebal dengan dimensi ketebalan sekitar 5 cm. Alhasil, visibilitas atau pandangan mata pengguna ke arah bawah pun sedikit terganggu.

Selain itu, bagi yang belum terbiasa, masker ini mungkin terasa kurang nyaman apabila digunakan berlama-lama, lantaran bobotnya sekitar 100 gram.

Agar tidak mudah lepas (karena berat) atau melelahkan telinga, pengguna bisa memakai tali penghubung earloop yang telah disertakan dalam kemasan. Tali ini akan menyambungkan kedua earloop dan bertumpu pada bagian belakang kepala.

Meski tebal dan berat, LG Puricare Wearable Air Purifier tidak akan membuat penggunanya merasa pengap layaknya menggunakan masker medis biasa.

Tag : #teknologi    #masker    #lg   

Baca Juga