Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Instagram.com/@aniesbaswedan)

Revitalisasi Halte Transjakarta Diprotes Sejarawan, Anies Baswedan: Project Jalan Terus!

Michael Siburian | Metropolitan | 03-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Revitalisasi Halte Transjakarta Tosari diprotes oleh Sejarawan JJ Rizal karena dianggap menutupi Patung Selamat Datang di Bundaran HI.

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan semua proyek revitalisasi akan tetap dilanjutkan.

"Semua project berjalan terus," kata Anies Baswedan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (03/10/2022).

Sebagaimana diketahui, JJ Rizal mendesak pemerintah DKI Jakarta untuk menghentikan proyek revitalisasi halte Transjakarta di Bundaran HI.

Rizal memprotes pembangunan tersebut lantaran menutupi Patung Selamat Datang di Bundaran HI hingga Gedung Sarinah. Hal ini ia ungkapkan lewat akun resmi Twitternya @JJRizal.

"Pak Gubernur Anies Baswedan, mohon stop pembangunan Halte Transjakarta Tosari-Bundaran HI yang merusak pandangan ke Patung Selamat Datang dan Henk Ngantung Fontein warisan Presiden Sukarno dengan Gubernur Henk Ngantung sebagai poros penanda perubahan ibu kota kolonial ke ibu kota nasional," cuit JJ Rizal dikutip, Kamis (29/09/2022).

Selain itu, Rizal mengatakan, Monumen Selamat Datang tersebut bukan hanya penting dalam perjalanan sejarah, namun juga merupakan simbol keramahan bangsa Indonesia.

Untuk itu, tutur Rizal, Transjakarta sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMD) Jakarta, seharusnya bisa menjaga sumber inspirasi kota, yakni warisan sejarah.

"Sekali lagi mohon Pak Gubernur stop pembangunan halte Transjakarta yang arogan di kawasan cagar budaya penanda sejarah perubahan kota kolonial jadi kota nasional warisan Sukarno," ujar Rizal.

Tag : #transjakarta    #sejarawan    #metropolitan    #anies baswedan    #jakarta    #halte    #bundaran hi   

Baca Juga