Partai Buruh Demo Besok ( Foto :Subekti)

Ribuan Buruh Petani Demo Besok Desak Reforma Agraria

Apri Siagian | Nasional | 23-09-2022

Parboaboa, Jakarta – Ribuan buruh yang tergabung dalam Partai Buruh akan menggelar aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional (HTN) di depan Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu, (24/09/2022) besok. Adapaun, unjuk rasa demo rencananya akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengungkapkan demo besok dilakukan oleh Partai Buruh untuk menuntut reforma agraria (Badan Hukum Kekuasaan pemilik tanah). Selain itu, ia mendesak pemerintah supaya mengembalikan tanah milik masyarakat yang diambil oleh Perusahaan besar.

“Adapun tuntutan yang diusung dalam aksi tersebut adalah mendesak reforma agraria. Dalam kaitan itu, Partai Buruh mendesak pemerintah untuk membagikan tanah ke petani. Dengan demikian, tidak ada lagi petani yang tidak memiliki tanah,” kata Said dalam keterangannya, Kamis, (22/09/2022)

Sementara itu, Ketua Majelis Nasional Partai Buruh Agus Ruli Ardiansyah menegaskan dalam aksi tersebut akan membawa tiga tuntutan.

Pertama, Pemerintah melakukan reforma agraria kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu, supaya menyelesaikan konflik yang ada dilapangan.

Kedua, Menolak Omnibus Lau dan UU kerja, karena aturan ini hanya melayani kepentingan perusahaan besar. Selain itu, aturan ini merugikan para buruh, dan berdampak pada petani

Ketiga, Buruh juga akan menolak keputusan pemerintah yang menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM.

"Kita minta untuk dihitung ulang bagaimana negara harus hadir terhadap persoalan rakyat terhadap hajat hidup orang banyak termasuk BBM ini hingga itu harus dikuasi oleh negara untuk kepentingan rakyat," imbuh Agus.

Tag : #partaiburuh    #desakagraria    #nasional    #tolak omnibus law    #buruh    #tolakkenaikanbbm   

Baca Juga