Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak saat mengecek pos di Langkat (Detik)

Kapolda Sumut Sidak Peternakan, Ribuan Sapi di Langkat Terpapar PMK

Sarah | Daerah | 25-05-2022

PARBOABOA, Langkat - Penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai menyerang beberapa hewan ternak di daerah Sumatera Utara (Sumut).

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak kemudian melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dengan mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat, Selasa (24/5/22).

Sidak tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam pencegahan penularan PMK terhadap hewan ternak terutama sapi.

Panca menjelaskan, melalui data yang dihimpun, sebanyak 1.054 ekor sapi yang positif tertular wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Di mana, Kecamatan Besitang 309 ekor, Kecamatan Pematang Jaya 466 ekor dan Kecamatan Pangkalan Susu 279 ekor.

"Diharapkan dengan gerak cepat antisipasi ini penularan PMK terhadap hewan ternak segera dapat diatasi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, peternak di Deli Serdang resah karena ternaknya terjangkit PMK. Di bagian mulut mengeluarkan liur, terdapat luka dan menyulitkannya untuk makan sehingga lemas.

Begitupun di bagian kukunya, sudah pecah dan tidak mau berlama-lama berdiri. Sapi yang terjangkit PMK lebih banyak duduk dan tak selera makan.

Peternak kalut dan sedih karena sebagian ternak sapi yang sakit sudah dipanjar oleh calon pembeli. Apalagi sudah menjelang Idul Adha.

Tag : #pmk    #kapolda sumut    #daerah    #sapi    #polda sumut    #berita sumut   

Baca Juga