Ridwan Kamil dipeluk oleh Heinrich, warga Bern, Swiss, yang sempat menyelamatkan Zara. Dok KBRI Bern

Momen Mengharukan, Ridwan Kamil Dipeluk oleh Penyelamat Adik Eril

Dion | Internasional | 31-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Sebuah foto mengharukan yang memperlihatkan saat di mana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dipeluk oleh seorang warga Bern, Swiss, menyebar luas. 

Pria yang memeluk RK itu bernama Heinrich. Ia merupakan salah satu warga Kota Bern yang ikut membantu menyelamatkan anak kedua RK, Camilia Laetitia Azzahra (Zara), adik dari Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, yang masih hilang di Sungai Aare akibat terbawa arus. 

Momen di mana RK dipeluk Heinrich itu diambil oleh Kedutaan Besar RI di Bern pada Senin (30/5/2022) waktu setempat. Pria lanjut usia itu berusaha menenangkan RK selagi proses pencarian Eril masih berjalan. 

"Bapak Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia juga bertemu dengan Bapak Heinrich, penduduk Bern yang pada saat kejadian turut membantu adik perempuan saudara Eril dan temannya naik ke daratan saat itu,"  bunyi pernyataan KBRI yang dikutip dari situs Kemlu RI.

Menurut pernyataan KBRI Bern, Heinrich menyampaikan simpati mendalam atas tragedi hilangnya Eril yang kemudian diapresiasi oleh keluarga RK. 

Sebelumnya, pihak Ridwan Kamil menyebut Eril sempat menyelamatkan Zara dan rekannya, yang sudah lama menetap di Swiss, sebelum hilang terbawa arus deras Sugai Aare. 

Ia sempat berteriak minta tolong dan Heinrich adalah salah satu warga lokal yang kemudian membantu Zara naik ke daratan. 

Memasuki hari keenam pencarian Eril pada Selasa (31/5/2022) waktu setempat, tim SAR, polisi, dan pemadam kebakaran terus menyusuri sungai dengan bantuan berbagai peralatan. Sementara dukungan terus mengalir. 

Wali Kota Bern, Alec Van Graffenried, sempat menemui Ridwan Kamil dan menjamin pencarian optimal. 

Tim SAR gabungan menyusuri sejumlah area di sepanjang Sungai Aare, mulai dari Eichholz hingga Wohlensee. 

Pihak KBRI menerangkan, pencarian Eril semakin intensif dengan metode jalan kaki, perahu, drone, dan selam. Kepolisian Maritim Bern mulai mengerucutkan area pencarian yang dinilai paling potensial di wilayah Marzil.

Pemerintah Kota Bern mendukung penuh pencarian Eril dan terus memberikan kabar terbaru lewat berbagai platform, termasuk media sosial.

Sebelumnya, Eril dilaporkan hilang saat berenang di sungai Aare pada Kamis (26/5) siang waktu setempat. Ia datang ke Swiss bersama ibu dan adiknya untuk mencari sekolah S2. 

Tag : #ridwan kamil    #emmeril khan mumtadz    #internasional    #sungai aare    #kbri    #bern   

Baca Juga