Qualcomm 6Gen1 dan Qualcomm 4Gen1 (Foto Qualcomm)

Rilis Chipset Terbaru Untuk Kelas Menengah dan Entry Level, Qualcomm Hadirkan Snapdragon 6 Gen1 dan 4 Gen1

Satria | Teknologi | 16-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Produsen Chipset Qualcomm baru baru ini telah merilis chipset terbarunya untuk pasar kelas menengah dan pasar entry level. Yang mana diketahui, sebelumnya merilis chipset flagship kelas premium mereka dengan nama baru ya itu Snapdragon 8 Gen1 dan Snapdragon 7 Gen1, kini Qualcomm mengenalkan chipset kelas menengah dengan nama Snapdragon 6 Gen1 dan entry level nya dengan nama Snapdragon 4 Gen1.

Kedua chipset ini nantinya akan menjadi penerus snapdragon 600 series dan snapdragon 400 series.

“Snapdragon 6 Gen1 dan snapdragon 4 Gen1 akan memberikan peningkatan di seri masing-masing untuk menghadirkan kecanggihan dalam penggambilan gambar, konektivitas, hiburan, dan AI,” ujar Deepu John, Senior Director qualcomm, Rabu (07/09/2022).

Snapdragon 6 Gen 1

Untuk Snapdragon 6 Gen1 menawarkan performa yang kencang dengan CPU octa-core dan clockspeed hingga 2,2 GHz yang ditanamkan dengan empat inti Cortex-A78 dan empat inti Cortex-A55. Pada seri ini dari segi CPU mendapatkan peningkatan mencapai 30%, sedangkan untuk GPU nya mendapatkan peningkatan sekitar 35% dari generasi sebelumnya.

Selain itu dari sisi kamera Triple Image Signal Processor (ISP), Snapdragon 6 Gen1 dapat melakukan pengambilan gambar dengan tiga sensor sekaligus, mirip seperti pada seri chipset flagshipnya.

Ditambah dukungan kamera hingga resolusi 108 MP dan juga dapat merekam video maksimal 4K HDR dengan framerate 30fps. Dari segi fitur audionya chipset ini juga sudah dilengkapi sistem audio lengkap yaitu “Snapdragon Sound” yang mencakup aptX Adaptive, aptX Voice, dan aptX Lossless

Dengan dukungan modem Snapdragon X62 5G Modem-RF System, platform ini mendukung 5G 3GPP Release 16 dan kecepatan unduh 5G tertinggi hingga 2,9 Gbps. Untuk koneksi Wi-Finya chipset ini mengandalkan FastConnect ™ 6700 menghadirkan 2×2 Wi-Fi 6E.

Snapdragon 4 Gen 1

Untuk Snapdragon 4 Gen1 chipset ini dibangun dengan fabrikasi 6 nm yang menawarkan smartphone dengan harga terjangkau serta performa yang lebih lancar dan dengan konsumsi daya yang lebih irit.

Pada seri ini dari segi CPU mendapatkan peningkatan mencapai 15%, sedangkan untuk GPU nya mendapatkan peningkatan sekitar 10% dari generasi sebelumnya. Juga dilengkapi dengan Qualcomm AI Engine untuk pengalaman pengguna yang lebih seamless.

Chipset ini juga mendukung triple triple ISP dan Multi Frame Noise Reduction, untuk pengambilan foto yang tajam dan detail. Dukungan sensor kameranya juga sudah mencapai 108 MP, hal ini merupakan yang pertama hadir untuk seri Snapdragon 4.

Dari segi layar dan audio, Snapdragon 4 Gen1 mendukung layar hingga Full HD 120Hz, serta dukungan Low Power Audio Subsystem yang hemat daya. Dan terdapat juga fitur Qualcomm® cVc™ Echo Cancelling and Noise Suppression (ECNS), untuk komunikasi yang lebih jernih.

Untuk dukungan konektivitas modemnya chipset ini menggunakan Snapdragon X51 5G Modem-RF System, dengan kecepatan unduh maksimal 2,5Gbps. Dan untuk modem Wi-Fi, chipset ini menggunakan modem Wi-Fi FastConnect 6200 untuk Wi-Fi 2x2 premium dan Bluetooth-nya sudah menggunakan versi 5.2, yang lebih hemat energi.

Untuk kekurangannya masih belum diketahui. Namun berdasarkan fitur di atas, perlu dicatat bahwa tidak semua fitur tersebut akan ditanamkan pada smartphone yang nanti akan menggunakan dua chipset di atas. Semua tergantung dari produsen smartphone yang nantinya akan mengaktifkan fitur apa saja pada kedua chipset tersebut.

Motorola dan IQOO kabarnya bakal jadi brand pertama yang meluncurkan produk smartphone, masing-masing dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1.

Tag : #qualcomm    #processor    #teknologi    #gadget    #chipset     #snapdragon 6 gen 1    #snapdragon 4 gen1   

Baca Juga