Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Instagram @ridwankamil)

Ridwan Kamil Beberkan Alasan Ilmiah Jenazah Eril Tetap Utuh Meski Tenggelam 14 Hari

Wulan | Nasional | 11-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beri penjelasan secara ilmiah mengenai penyebab utuhnya jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, meskipun lebih dari dua pekan dinyatakan hilang dan tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Dalam Instagram Story, Jumat (10/6/2022), Ridwan Kamil mengunggah foto dirinya berada di depan Rumah Sakit Notfall, Bern, Swiss. Ia menjelaskan bahwa jenazah Eril sudah ditemukan dalam keadaan utuh.

"Alhamdulillah, di Rumah Sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril," tulisnya dalam keterangan di akun @ridwankamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan, berdasarkan penjelasan secara ilmiah, jenazah Eril tetap utuh karena kondisi lingkungan Sungai Aare Bern yang cenderung dingin.

"Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya setengah membeku, sehingga tetap utuh, lengkap, walaupun berada di dasar sungai selama 14 hari," tulis Emil di akun Instagram @ridwankamil, Jumat (10/6/2022).

Pada unggahan sebelumnya, Kang Emil menyebut jenazah Eril ditemukan dalam keadaan utuh dan mengeluarkan wangi daun eucalyptus.

"Wajah rapi menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Alhamdulillah Ya Allah," ujarnya.

Lebih lanjut Kang Emil juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan putra sulungnya tersebut.

"Hai, Eril saatnya kamu pulang ke tanah air untuk menghaturkan terima kasih kepada semua yang mendoakanmu," imbuhnya.

Seperti yang diketahui Eril hanyut terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss Minggu (26/5/2022) lalu. Setelah pencarian selama hampir dua pekan, jenazah Eril ditemukan kepolisian setempat pada Rabu (8/6/2022) pagi di Bendungan Engelhalde, Bern.

Rencananya, setelah diproses hingga dibersihkan sesuai syariat Islam, jenazah Eril akan diterbangkan ke Indonesia dan tiba pada Minggu (12/6/2022).

Eril akan dimakamkan di tempat pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (13/6/2022).

Tag : #emmeril kahn mumtadz    #ridwan kamil    #nasional    #jenazah eril tetap utuh    #sungai aare    #eril ditemukan   

Baca Juga