Roman Abramovich melepas kepengurusan di Chelsea (Foto: AFP/Ben Stansall)

Roman Abramovich Resmi Melepas Kepengurusan di Chelsea

Michael | Sepakbola | 28-02-2022

Parboaboa.com – Konglomerat Rusia, Roman Abramovich, resmi melepas kepengurusannya di klub raksasa Inggris, Chelsea pada hari Minggu (27/02/2022). Hal ini diumumkan secara resmi melalui laman dan akun media sosial klub.

Seperti diketahui, isu pro dan kontra mengenai Abramovich memang menghangat beberapa hari belakangan ini.

Pasalnya, sang konglomerat diketahui menjadi orang dekat dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang tengah dibicarakan lantaran keputusan untuk melakukan invasi ke Ukraina.

Hal ini kemudian menjadi pembahasan di parlemen Inggris yang salah satunya menyebut bahwa aset yang dimiliki Abramovich harus ditarik seluruhnya.

Sebelumnya, sang pengusaha juga dikenai larangan untuk datang dan tinggal di Britania Raya untuk selamanya, usai meledaknya perang Rusia-Ukraina.

Pernyataan Resmi Abramovich

“Selama kepemilikian saya atas Chelsea FC yang hampir berusia 20 tahun, saya selalu memandang peran saya sebagai penjaga klub, yang bertugas memastikan kami bisa sesukses mungkin hari ini, juga turut membangun untuk masa depan, sembari mengambil peran positif di masyarakat,” jelas Abramovich dalam pernyataan yang dirilis dalam laman resmi Chelsea.

“Saya selalu mengambil keputusan dengan mempertimbangkan kebaikan klub. Saya mempertahankan komitmen atas nilai ini.”

“Untuk itulah mengapa hari ini saya menyerahkan kepengurusan dan perawatan Chelsea FC kepada wali amanat yayasan amal Chelsea.”

“Saya menyakini bahwa saat ini mereka berada dalam posisi terbaik untuk menjaga kepentingan klub, para pemain, staf, dan fans.”

Pengusaha 55 tahun itu pertama kali memasuki dunia sepakbola Inggris pada tahun 2003, ketika ia mengakuisisi Chelsea dari pemilik sebelumnya, Ken Bates.

Di bawah kepengurusannya, The Blues menjadi salah satu klub elite di Liga Inggris dan di Eropa, menjuarai lima gelar liga dan dua kali mengangkat trofil Liga Champions UEFA.

Masih belum jelas sejauh apa Abramovich bakal terlibat dengan Chelsea setelah pengumuman mengejutkan ini, yang disiarkan langsung kurang dari 24 jam sebelum final Piala Liga Inggris melawan Liverpool.

Namun keterlibatannya dalam operasional harian bakal banyak berkurang, setelah menyerahkan “kepengurusan dan perawatan” Chelsea kepada wali amanat yayasan amal The Blues.
 

Tag : #Chelsea    #Roman Abramovich    #Liga Inggris    #sepakbola    #rusia    #ukraina   

Baca Juga