Dihantam Banjir Bandang, Ruas Jalan Penghubung Panyabungan-Madina Lumpuh

Dimas | Daerah | 25-11-2022

Ruas jalan di Kabupaten Mandailing Natal tertutup oleh material banjir bandang (foto: Top Metro News)

PARBOABOA, Mandailing Natal – Jalan penghubung Kecamatan Penyabungan dan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) lumpuh total akibat dihantam banjir bandang pada Jumat (25/11/2022).

Banjir bandang sendiri terjadi lantaran hujan dengan intensitas lebat terus menerus mengguyur daerah tersebut. Hal itu membuat Sungai Hatupangan yang ada di wilayah meluap hingga ke ruas jalan.

Kepala Bidang Program dan Strategi Penanggulangan Bencana (BPBD) Madina, Fakhruddin Lubis membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia menyebutkan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

“Benar. Saat ini telah terjadi banjir bandang di Batas Desa Sopo Tinjak – Desa Bulu Soma. Banjir bandang membawa material lumpur dan kayu. Sehingga Jalan Lintas Panyabungan – Natal tidak dapat dilalui,” terangnya, melansir Antara.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang tersebut. Saat ini Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Madina pun telah menerjunkan sejumlah alat berat untuk memebersihkan material yang menutupi jalan.

"Tidak ada korban jiwa. Banjirnya tidak sampai ke pemukiman warga hanya sampai ke badan jalan," sebut dia.

Di sisi lain, Kasatlantas Polres Madina AKP Samsul Arifin Batubara menyebutkan, pihaknya telah menurunkan sejumlah personil ke lokasi tersebut untuk mengatur arus lalu lintas.

Ia pun meminta kepada para pengendara yang ingin melintas agar sementara beristirahat menunggu jalan tersebut selesai dibersihkan dan bisa dilewati kembali.

"Kita sudah turunkan personil ke lokasi. Untuk mengindari kemacetan para pengendara juga kita himbau agar sementara istirahat sebelum material longsor bisa dibersihkan," jelas Kasat.

Tag : #Mandailing natal    #banjir bandang    #daerah    #bpbd madina    #berita sumut   

Baca Juga