Desain rumah idaman minimalis, foto: Rumah.com

7 Inspirasi Rumah Idaman Minimalis Sederhana

Wanovy | Rumah | 27-04-2022

PARBOABOA - Rumah idaman sederhana mungkin telah jadi idaman Anda sejak dahulu. Berbagai macam jenis yang disukai, lantas apa pilihan Anda?

Jika Anda harus memilih rumah besar bak istana atau kediaman mungil nan nyaman, mana yang akan Anda tunjuk? Banyak yang memilih rumah besar, tak sedikit pula penyuka hunian mungil.

Meski terkesan kecil, desain rumah idaman minimalis nan mungil bisa jadi pilihan  yang menarik.

Melihat kondisi saat ini, rumah idaman sederhana merupakan pilihan menarik, mengingat harga properti terus meningkat dari waktu ke waktu

Tak bisa dipungkiri, salah satu kendala yang dihadapi banyak orang dalam mewujudkan rumah idaman sederhana adalah keterbatasan dana.

Orang-orang yang tadinya ingin punya rumah besar atau hunian dengan halaman luas. Harus berlapang dada menerima kenyataan bahwa harga rumah kini sudah sangat mahal.

Harga rumah pun akan semakin mahal bila lokasi yang diinginkan berada di kota besar.

Akhirnya, rumah mungil bertipe di bawah 100 jadi incaran banyak orang, khususnya para generas milenial.

Tapi jangan khawatir, Parboaboa sudah siapkan desain rumah idaman minimalis yang bisa jadi inspirasi kamu. Yuk, simak ulasannya!

1. Tampilan Rumah Idaman Minimalis

(Sumber: rumah123.com)

Dari berbagai macam desain rumah yang ada, ada beberapa ciri desain rumah idaman minimalis yang membedakannya dari hunian lain.

Desain rumah idaman minimalis seperti ini memberikan kesan rapi, bersih dan modern. Beberapa hunian menarik yang menerapkan hal ini adalah Cendana Residence, Andalusia Residence, serta Samira Regency Bekasi.

2. Rumah Idaman Sederhana

(Sumber: prospeku)

Jika menghuninya bersama keluarga, rumah idaman sederhana hendaklah menjawab masalah fungsional dan estetika. Kenyamanan hunian tentu akan memberikan nilai khusus.

Dulu mungkin rumah idaman sederhana bukan prioritas. Tetapi, di tengah kondisi yang semakin tak menentu, memiliki rumah idaman sederhana justru memiliki kelebihan.

Sebab, Anda bisa lebih berhemat, baik waktu maupun uang, dalam urusan pengurusan dan perawatan.

Desain rumah idaman minimalis sangat memungkinkan jika Anda menyiapkan denah yang memperhatikan hubungan antar ruangan.

Salah satu yang mesti digarisbawahi adalah membatasi lorong. Sebab, fitur itu akan mengganggu jalinan baik antar ruangan.

3. Rumah Gaya Belanda

Kesan tua mungkin lekat dengan rumah bergaya Belanda. Padahal, rumah-rumah peninggalan kolonial itu menerapkan desain yang sangat memperhatikan konteks lingkungan lokal seperti respons terhadap iklim atau suhu udara.

Belakangan, banyak orang mulai menyelipkan unsur kebaruan pada rumah gaya Belanda agar menjadikannya lebih relevan dengan zaman sekarang.

Salah satu adopsi gaya untuk desain rumah idaman Belanda adalah penambahan portico di pintu utama sebagai pengganti teras dan tiang.

Selain itu, menerapkan skema warna yang presisi dapat memberikan identitas khusus pada rumah gaya Belanda Anda.

4. Rumah Minimalis Tipe 21

(Sumber: rumah123.com)

Ukuran yang mungil justru menjadi daya tarik rumah tipe 21. Para penghuni rumah ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk keperluan maintenance karena luasnya yang terbatas.

Desain rumah idaman minimalis tipe ini biasanya hanya memiliki satu kamar tidur yang cocok untuk kamu yang masih single atau baru menikah.

Model rumah ini juga sering kali hanya memiliki satu lantai dengan dimensi 7 m x 3 m dengan letak ruang tidur yang berada di belakang rumah. Ukuran kamar biasanya adalah 3 m x 3 m atau 4 m x 3 m dengan kamar mandi.

Jika kamu ingin membangun rumah tipe ini dengan sistem borongan, biasanya harganya sekitar 2,5 juta hingga 3,5 juta rupiah per meter persegi.

Akan tetapi semua tergantung pada tingkat kesulitan pembangunan dan kualitas material. Rumah yang tidak luas ini hadir dengan banyak kelebihan, termasuk:

5. Desain Rumah Futuristik Ala Jepang

(Sumber: rumah.com)

Banyak orang umumnya berkutat seputar estetika dari sisi desain, tapi tidak begitu halnya untuk desain rumah yang satu ini.

Desain unit Savasa Deltamas, Cikarang, mengedepankan kecanggihan teknologi, sehat, dan ramah lingkungan. Gaya yang ditampilkan adalah perumahan futuristik khas Jepang.

Unit huniannya dibangun dengan metode W-PC dan instalasi perangkat smart home. Rumah juga didesain agar berudara sejuk dan bersih dengan filtrasi Puretech.

Selain itu, rumah ini ramah lingkungan berkat sistem Cross-Ventilation yang meningkatkan sirkulasi udara sehingga membuat rumah lebih sejuk.

6. Rumah Bergaya Scandinavian

(Sumber: prospeku)

Banyak anak muda menyukai gaya Scandinavian sebagai desain rumah idaman. Mulai diperkenalkan secara luas pada 1950-an, gaya Scandinavian sudah terlihat dengan ciri khasnya yang menekankan keindahan, kesederhanaan, dan kebersihan.

Desain rumah idaman minimalis ini mengedepankan fungsionalitas, ketahanan, dan kewajaran di tingkat harga. Ini adalah prinsip gaya Scandinavian yang prioritasnya adalah fungsionalitas plus keanggunan.

Untuk menerapkannya, pastikan anda menempatkan material kayu sebagai bahan utama. Bukan hanya untuk bangunan rumah, tapi juga mebel.

7. Rumah Minimalis Tipe 45

(Sumber: insinyur bangunan)

Desain rumah idaman minimalis adalah tipe 45 yang bisa kamu pilih setelah mendapatkan inspirasi rumah idaman minimalis.

Tipe rumah satu ini memiliki luas bangunan 45 m² dan termasuk rumah dengan luas tanah yang sedang.

Artinya lahan tersebut tidak terlalu luas dan tidak juga terlalu sempit. Tidak heran jika banyak calon penghuni rumah memilih rumah tipe 45.

Sebenarnya, spesifikasi rumah tipe ini tidak jauh berbeda dengan tipe 36 baik dari material yang digunakan maupun dari jumlah ruangan.

Karena tipe ini jelas lebih luas, maka penghuni akan merasa setiap ruangan di dalam rumah lebih luas dari tipe 36.

Nah, itulah beberapa desain rumah idaman minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #rumah idaman    #rumah minimalis    #model rumah    #rumah    #desain rumah    #inspirasi rumah   

Baca Juga