Rumah mewah terbakar (dok: istimewa)

Rumah Mewah Terbakar, Puluhan Kucing Beserta Barang Antik Hangus

Martha | Nasional | 07-01-2022

PARBOABOA, Pekanbaru – Sebuah rumah mewah yang bersejarah dilahap sijago merah di Jalan Sumatra, Kota Pekanbaru, Riau. Akibat dari peristiwa tersebut, ada puluhan kucing dan benda bersejarah di rumah tua itu hangus terbakar.

Rumah tua ini milik Kety Purnama, sebuah hunian megah yang dilaporkan terbakar sekitar pukul 19.20 WIB. Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho membenarkan peristiwa kebakaran itu.

“Kejadian Sekitar 19.20 WIB, rumah itu sudah tua. Cukup banyak barang antik dan banyak juga yang menawarkan, harganya miliaran,” kata Agung Nugroho, Kamis (6/1).

Agung menyebutkan kebakaran ini diakibatkan korsleting listrik. Sebab, warga sekitar sempat melihat percikan api di atap rumah sebelum akhirnya meluas.

Pemilik rumah yang mengetahui hal itu, langsung menangis histeris. Mereka tidak kuasa menahan tangis karena ada sekitar 20 ekor kucing anggora di ruamah itu.

“Korban jiwa tak ada, tapi ada 20 ekor kucing didalam rumah yang membuat pemilik rumah nangis-nangis, sebagian kucing ada yang sudah keluar dan lari,” terang Agung.

Sementara itu, Ketua RT setempat mengatakan banyak barang antik didalam rumah itu. Ternyata rumah tersebut juga sempat jadi museum keluarga.

“Banyak barang antik, baju melayu juga banyak. Makanya api lama mati diatas,” kata Ketua RT.

Rumah tersebut sempat jadi museum selama 2 tahun terakhir. Namun 4 bulan lalu bagian depan rumah disewakan untuk jadi kafe dan sudah mulai beroprasi, tapi dibelakang tetap anak pemilik rumah yang tempati yang dipakai hanya bagian depan saja.

Akibat kebakaran, listrik disekitar lokasi yang berjarak 100 meter dan kantor Gubernur Riau padam. Api sempat menjalar sampai kebelakang rumah, tapi saat ini api sudah dipadamkan.

Tag : #kebakaran    #rumah bersejarah    #pekanbaru    #riau   

Baca Juga