Rumah minimalis islami, foto: Pinterest

10 Desain Rumah Minimalis Islami Modern yang Sesuai Syariah

Wanovy | Rumah | 21-05-2022

PARBOABOA - Desain rumah minimalis islami cantik dan sesuai syariah menjadi salah satu tren kekinian yang disukai kalangan milenial untuk ditempati bersama keluarga tercinta.

Apakah kamu berencana membangun rumah minimalis islami?

Kalau iya, yuk simak inspirasi rumah minimalis islami terbaik yang layak dipertimbangkan untuk hunian impian.

Belakangan, konsep rumah islami terus digandrungi bagi mereka yang ingin mempunyai hunian syariah.

Rumah minimalis islami menawarkan keunikan dengan konsep yang berbeda pada bagian desain hingga tata letak huniannya.

Wasekjen Pembiayaan Perbankan Syariah DPP REI Royzani Sjachril mengatakan bahwa konsep rumah minimalis islami memperhatikan nilai-nilai ajaran agama Islam. Hal ini baik dari sisi arsitektur, aktivitas lingkungan, hingga transaksi jualbelinya.

Salah satu contohnya, menurut dia, penempatann kloset pada toilet yang tidak boleh menghadap kiblat.

Bahkan, material pembangunan rumah minimalis islami juga harus didapatkan secara halal dan amanah dalam hal jual belinya.

Nah, bagi kamu yang tertarik membangun rumah minimalis islami maka sejumlah desain berikut ini bisa jadi inspirasi terbaik. Yuk, pilih yang paling cantik dan menarik!

1. Desain rumah minimalis islami sederhana

Rumah islami minimalis belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ruang sholat atau mushola. Tempat ini merupakan pusat aktivitas ibadah seluruh penghuni rumah.

Supaya kesan minimalisnya tidak monoton dan membosankan, kamu dapat menambahkan ornamen kayu untuk lantai atau kusen.

Mushola juga sebaiknya diberi ventilasi atau jendela kaca agar mendapatkan cahaya yang alami.

Untuk lebih lengkapnya, kamu juga bisa melihat beberapa desain mushola modern minimalis yang sudah Parboaboa.com siapkan.

2. Desain rumah minimalis islami modern

Apakah kamu pernah melihat rumah orang Timur Tengah sebelumnya? Sebagian besar rumah di sana berbentuk kotak dengan atap datar.

Nah, rumah minimalis islami ini merupakan salah satu contoh rumah ala timur tengah yang sudah mendapatkan sentuhan modernisasi.

Warna putih sengaja dipilih untuk memberikan kesan yang bersih. Kamu tentu ingat bahwa kebersihan sebagian dari iman, bukan?

3. Desain rumah minimalis islami dengan ruang khusus ibadah

Desain rumah minimalis islami selanjutnya adalah rumah yang mempunyai ruang khusus untuk beribadah.

Mushola bagi kaum agama muslim menjadi sebuah tempat kajian anggota keluarga dalam rumah tersebut.

Ini sangat penting untuk kamu terapkan dalam rumah impian kamu. Tak hanya itu saja, ruangan khusus ibadah bisa juga dijadikan untuk tempat yang ternyaman apabila kamu merasa penat dengan beragam macam pekerjaan.

4. Rumah minimalis islami kecil

Salah satu hal yang menonjol pada rumah minimalis islami adalah gaya bangunannya. Fasad rumah tersebut mengusung ornamen-ornamen islami yang menjadi identitas dan ciri khasnya.

Rumah berukuran kecil ini bisa kamu pertimbangkan karena memiliki desain yang cantik dan tetap kekinian.

5. Memajang lafadz Allah dan Rasulullah

Sebaliknya, umat Muslim dianjutkan untuk menempatkan ayat-ayat Al-Quran sebagai hiasan pada dinding rumah minimalis islami mereka.

Salah satunya adalah hiasan yang berbentuk kaligrafi. Hal itu diperbolehkan jika untuk tujuan kebaikan dan agar selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala dan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam.

Oleh karena itu, kamu harus meluruskan niat terlebih dahulu sebelum memajang kaligrafi di dinding rumah.

Pastikan niatnya hanya untuk Allah dan bukan yang lainnya. Jika niatnya sudah lurus, maka Allah akan senantiasa memberikan keberkahan di dalam rumah kamu.

Dalam hal ini, kamu bisa memajang kaligrafi, nama Rasulullah, atau gambar Masjidil Haram yang di dalamnya terdapat Ka'bah sebagai kiblat umat Islam.

6. Rumah Islami Tipe 36

Rumah minimalis islami type 36 banyak ditawarkan oleh pengembang hunian syariah. Kalau kamu masih tinggal sendiri atau belum memiliki anak, hunian jenis ini lebih cocok untuk dibeli.

Alasannya adalah ukuran rumahnya yang tidak terlalu besar. Rumah type 36 juga berpotensi besar mendapatkan subsidi KPR.

7. Pastikan privasi penghuni rumah minimalis islami terjaga

Konsep desain rumah minimalis islami selanjutnya yang bisa diadopsi adalah menjaga privasi penghuni rumah, artinya harus memperhatikan konstruksi dan tata letak atau denah rumah.

Sebaiknya eksterior pintu rumah tidak langsung menghadap ke depan yang bisa menampilkan isi rumah, dan ada baiknya mengaplikasikan pintu dari samping agar isi rumah secara keseluruhan tidak terlihat.

Hal ini dilakukan untuk mengimplementasikan ajaran Islam pada desain rumah minimalis islami yang tidak mengumbar aurat atau kebiasaan penghuni rumah yang tidak perlu diketahui orang lain.

8. Rumah islami minimalis modern

Rumah minimalis islami secepat kilat jadi tren di tengah masyarakat yang ingin punya hunian berbasis syariah.

Maka tak heran para pengembang juga membangun hunian minimalis dengan gaya islami. Jika kamu tertarik, desain rumah minimalis islami modern yang satu ini patut dipertimbangkan. Sangat cantik, bukan?

9. Gunakan warna kesukaan Nabi pada rumah islami

Desain rumah islami minimalis berikutnya bersifat opsional, jadi bisa diterapkan atau tidak.

Dijelaskan dalam beberapa riwayat bahwa Rasulullah menyukai beberapa warna. Namun yang paling disukai adalah warna putih dan hijau.

Berikut salah satu hadis yang meriwayatkan bahwa beliau menyukai warna putih dan mengajarkan kepada umatnya untuk memakainya:

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda “Hendaklah kalian memakai pakaian putih semasa hidup kalian, dan kafanilah yang mati di antara kalian dengannya (warna putih). Sebaik-baik pakaian kami adalah warna putih.”

Selain itu, Imam an-Nasa'i juga meriwayatkan bahwa “Rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau.”

Sedangkan dalam Al-Qur'an, tepatnya di dalam Surah Ar-Rahman ayat 64, disebutkan kalau warna surga adalah hijau.

10. Jendela besar di ujung ruangan

Kamu dapat menambahkan jendela besar berarsitektur Maroko di ujung ruangan pada rumah minimalis islami.

Jendela ini dapat memberikan cahaya alami pada rumah. Rumah akan tampak lebih terang dan tidak lembap.

Nah, itulah tadi beberapa desain rumah minimalis islami yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #rumah islami    #rumah minimalis    #model rumah    #rumah    #desain rumah    #inspirasi rumah   

Baca Juga