Ryan Giggs mundur dari kursi kepelatihan Timans Wales (Foto: Reuters)

Resmi! Ryan Giggs Umumkan Mundur Dari Kursi Kepelatihan Timnas Wales

Michael | Sepakbola | 21-06-2022

PARBOABOA – Ryan Giggs resmi meninggalkan jabatan pelatih Timnas Wales. Keputusan ini diambil agar persiapan Gareth Bale dan kawan-kawan menyambut Piala Dunia 2022 tidak terganggu oleh kasus yang tengah melandanya.

Seperti diketahui, Giggs telah cuti dari jabatanya tersebut sejak November 2020 karena tuduhan melalukan KDRT kepada mantan pacarnya, Kate Greville. Kejadian itu diprediksi terjadi pada Agustus 2017 hingga November 2020.

Selain itu, adik Kate, Emma Greville, juga disebut menjadi korban dari kekerasan yang dilakukan Giggs dirumahnya di Worsley, Greater Manchester. Kejadian itu terjadi pada awal November 2020.

Pria berusia 48 tahun itu sebenarnya telah membantah tuduhan tersebut. Giggs mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan yang diberikan kepadanya.

Giggs seharusnya diadili pada 24 Januari 2022, tetapi ditunda tujuh bulan kemudian karena tumpukan kasus pengadilan setelah pandemi virus COVID-19. Hal ini membuatnya baru akan disidang pada 8 Agustus mendatang.

Di sisi lain, Gareth Bale dan kawan-kawan baru saja memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 lewat jalur play-off di bawah asuhan asisten Giggs, Robert Page. Ini merupakan Piala Dunia pertama mereka dalam 64 tahun terakhir.

Karena kelolosan Wales ke Piala Dunia 2022 begitu spesial, Giggs tak mau menganggu persiapan timnya menuju Qatar. Dia akhirnya memilih mundur dari posisinya sebagai pelatih Timnas Wales.

Apa yang dikatakan Ryan Giggs

“Setelah banyak pertimbangan, saya mundur dari posisi saya sebagai manajer Timnas Wales dengan segera,” kata Giggs, dilansir dari Independent, Selasa (21/6/2022).

“Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk melatih negara saya, tetapi adalah benar bahwa FA Wales, staf pelatih, dan para pemain harus mempersiapkan turnamen dengan pasti, klarifikasi, dan tanpa spekulasi tentang posisi pelatih kepada mereka,” imbuhnya.

“Tak ada yang bisa disalahkan atas tertangguhkannya penyelesaian kasus saya. Saya tidak ingin persiapan tim untuk Piala Dunia terpengaruh, tidak stabil, atau terancam oleh perhatian yang tersedot di kasus itu,” ujarnya menambahkan.

Dikonfrimasi Oleh FA Wales

FA Wales mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima pengunduran diri Giggs.

"Asosiasi Sepakbola Wales mengonfirmaasi pernyataan pribadi yang dikeluarkan oleh Ryan Giggs pada 20 Juni 2022," tulis pernyataan FAW di laman resmi, Selasa (21/6/2022).

“FAW menyampaikan rasa terima kasih kepada Ryan Giggs selama masa jabatannya sebagai manajer tim nasional pria Cymru dan menghargai keputusan yang telah dia ambil, yang merupakan kepentingan terbaik sepakbola Walsh. Fokus penuh FAW dan Tim Nasional Pria Cymru adalah pada Piala Dunia FIFA di Qatar akhir tahun ini,” tutup pernyataan tersebut.
 

Tag : #piala dunia 2022    #wales    #sepakbola    #gareth bale    #fa wales    #ryan giggs   

Baca Juga