Sadio Mane terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022 (Foto: CAF)

Sadio Mane Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022

Michael | Sepakbola | 22-07-2022

PARBOABOA – Sadio Mane terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2022 setelah mengalahkan Mohamed Salah dan Edouard Mendy dalam acara penghargaan di Rabat, Maroko, Kamis (21/7).

Ini kali kedua Sadio Mane menjadi pemain terbaik Afrika setelah pada 2019. Konfederasi Sepak Bola Afrika tidak menggelar penghargaan pada 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

Mane menjadi pemain kelima yang mampu meraih gelar Pemain Terbaik Afrika secara beruntun setelah Mohamed Salah, El Hadji Diouf, Samuel Eto’o dan Yaya Toure.

“Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk anak-anak muda di Senegal. Saya sangat emosional dan tidak punya kata-kata untuk mengungkapkan isi hati saya,” ujar Sadio Mane dalam pidatonya dikutip dari Reuters.

Mane membawa Senegal menjadi juara Piala Afrika 2021 dengan mengalahkan Mesir yang diperkuat Mohamed Salah pada Februari lalu. Setelah itu Mane menjadi penentu Senegal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022 dengan juga mengalahkan Mesir lewat adu penalti.

Sukses Mane membuat Salah berada di bawah bayang-bayang rekan setimnya itu di Liverpool. Meski begitu Mane dan Salah sama-sama membawa Liverpool meraih gelar Piala FA, Carabao Cup, dan lolos ke final Liga Champions musim lalu.

Musim lalu Mane mencetak 23 gol dari 51 pertandingan bersama Liverpool, sebelum memutuskan pindah ke Bayern Munchen musim ini.

Mane langsung mencetak gol pada laga debut bersama Bayern. Mane mencetak satu gol saat Bayern mengalahkan DC United pada laga pramusim di Amerika Serikat, Rabu (20/7).
 

Tag : #sadio mane    #pemain terbaik afrika    #sepakbola    #mohamed salah    #edouard mendy    #bayern munchen    #liverpool    #caf   

Baca Juga