Profil dan Biodata Saipul Jamil

Profil dan Biodata Saipul Jamil Terlengkap, Artis yang Penuh Dengan Kontroversi

andre | Biografi | 26-10-2021

Artikel ini berisi informasi mengenai profil dan biodata terlengkap dari pedangdut Saipul Jamil, lengkap dengan kontroversi yang baru terjadi, nama asli, awal karir, kekasih saat ini dan sebagainya.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 2 September 2021, kabar berita nasional digemparkan oleh berita mengenai penyambutan Saipul Jamil yang keluar dari penjara . Hal itu sontak menuai berbagai reaksi dari masyarakat luas.

Beberapa orang senang dengan kembalinya pria yang akrab dipanggil Bang Ipul ini dan menyambutnya bak pahlawan.

Tindakan tersebut mendapat kecaman dari netizen yang menganggap penyambutan seperti itu tidak layak bagi seorang mantan narapidana yang sempat tersandung kasus pencabulan anak di bawah umur.

Akan tetapi, Saipul Jamil sudah mengkonfirmasi bahwa tindakan penyambutan tersebut terjadi diluar kehendaknya dan meminta maaf atas kejadian tersebut.

Kepulangan Saipul Jamil tersebut dibarengi dengan tawaran job dari berbagai stasiun tv demi menaikkan rating semata. Sementara korban masih bergumul dengan rasa takut dan trauma.

Sejak saat itu, netizen berbondong-bondong mendatangani petisi untuk memboikot Saipul Jamil agar tidak tampil di TV ataupun Youtube.

Selain itu, baru-baru ini Saipul Jamil mengeluarkan surat klarifikasi dan pernyataan sikap, dimana ia akan melaporkan orang-orang yang masih menyebutnya sebagai pedofil atau predator seksual anak.

Terlepas dari kontroversi yang ada, Saipul Jamil merupakan penyanyi dangdut yang kerap tampil di berbagai program acara televisi tanah air.

Pria yang memiliki nama lengkap Jamiluddin Purwanto ini lahir di Banten, Serang pada 31 Juli 1980.

Saipul Jamil pertama kali terjun ke dunia hiburan berawal dari model majalah remaja. Selain menjadi model, ia juga memiliki bakat menyanyi.

Berduet dengan Ira Swara merupakan awal kesuksesan Saipul Jamil menjalani karier sebagai penyanyi dangdut.

Lagu yang berjudul Duet Sang Bintang membuat namanya melambung di dunia hiburan, dimana lagu tersebut berhasil memenangkan penghargaan  SCTV Music Award  2006 dalam kategori Best Dangdut.

Setelah cukup populer, Saipul Jamil pun mencoba terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai calon Wakil Wali Kota Serang mendapingi Ruhyadi Kirtam Sanjaya. Namun pasangan ini kalah pada putaran pertama.

Kariernya dalam dunia politik pun sirna sejak saat itu.

Selain bernyanyi, Saipul Jamil juga terlihat aktif dalam dunia seni peran dan pembawa acara.

Beberapa film yang pernah Bang Ipul bintangi diantaranya Setan Budeg (2008), Pijat Atas Tekan Bawah (2009) dan Arwah Kuntilanak Duyung (2011).

Selain film, Saipul Jamil juga terlihat aktif sebagai juri dalam beberapa kompetisi dangdut tanah air, diantaranya, D Academy (2014-2016), Mamamia (2014 sebagai juri tamu), Bintang Pantura (2015), dan Q Academy (2015).

Berikut biodata lengkap Saipul Jamil :

Nama lengkap: Jamiluddin Purwanto
Nama panggilan: Saipul Jamil atau Bang Ipul
Tempat, tanggal lahir: Serang, 31 Juli 1980
Umur : 41 Tahun
Agama: Islam
Pekerjaan: Penyanyi, Model, Presenter
Orangtua : Haysatul Hasanah (Almh)
Saudara : Samsul Hidayatullah, Ella Alfulaila
Mantan Istri: Dewi Persik (2005-2006), Almh.Viginia Anggraeni
Kekasih saat ini: Indah Sari
Instagram atau IG: @saipuljamilreal

Demikian artikel mengenai profil dan biodata Saipul Jamil, artis yang penuh dengan kontroversi, lengkap dengan nama asli, orangtua, saudara, kekasih saat ini, dan akun Instagram.

Tag : profil, biodata, saipul jamil, artis penuh kontroversi, penyanyi dangdut

Berita Terkait