Xiaomi Mi Band 6 Jadi Raja Wearable di Dunia

Salip Apple, Mi Band 6 Jadikan Xiaomi Raja Wearable Terbesar di Dunia

wanovy | Teknologi | 07-09-2021

Xiaomi kembali mencatatkan performa positif. Kali ini bukan dari segmen smartphone, melainkan perangkat wearable. Berdasarkan laporan terbaru dari firma riset Canalys, Xiaomi menjadi produsen perangkat wearable nomor satu di dunia, dengan pangsa pasar 19,6 persen secara global pada kuartal II-2021.

"Xiaomi membuat langkah bijak untuk mempercepat perilisan Mi Band 6, yang merupakan perangkat yang lebih menarik daripada pendahulunya," kata Cynthia Chen, analis Canalys, seperti dikutip dari Android Central pada Sabtu (4/9/2021).

Menurut analis Canalys, Cynthia Chen, pencapaian Xiaomi ini dipicu oleh keberhasilan gelang pintar (smartband) Xiaomi Mi Band 6 di pasar. Momentum yang tepat untuk meluncurkan Mi Band 6 juga dinilai menjadi salah satu faktor keberhasilan Xiaomi menjadi nomor satu.

Perusahaan asal China itu juga mendapat keuntungan dari peluncuran jam tangan pintar dasar di pasar negara berkembang seperti India.

Apple sendiri bertahan di peringkat kedua berkat penjualan Apple Watch. Pengiriman perangkat wearable Apple tercatat mencapai 7,9 juta unit, atau tumbuh 29,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Di bawah Apple ada Huawei yang tercatat memiliki pangsa pasar wearable sebesar 9,2 persen dengan angka pengiriman 3,7 juta unit di kuartal II-2021.

Meski berada di urutan ketiga, Huawei justru mengalami penurunan mencapai 53,9 persen. Posisi selanjutnya ditempati oleh Fitbit yang mengirimkan 3 juta unit perangkat wearable dengan pangsa pasar 7,3 persen, atau meningkat 20,6 persen dibandingkan kuartal II tahun lalu.

Pasar perangkat wearable global dilaporkan telah tumbuh sebesar 5,6 persen YoT selama kuartal kedua, dengan total pengiriman mencapai 40,9 juta unit.

Meskipun penjualan basic fitness band terus menurun, hal itu diimbangi oleh pertumbuhan pengiriman jam tangan pintar secara global. Smartwatch saat ini mencakup 62 persen dari keseluruhan pasar wearable.

Peningkatan signifikan ditunjukkan Samsung yang berada di urutan kelima dengan persentasi pertumbuhan 114,1 persen. Pabrikan asal Korea Selatan itu berhasil menjual 2,5 juta unit wearable pada kuartal II-2021.

Canalys berharap jam tangan pintar dapat terus menjadi pendorong pertumbuhan utama untuk kategori wearable band selama tahun-tahun mendatang.

Tag : #teknologi   

Baca Juga