Samsung Galaxy S21 Series

Samsung Bakal Jual HP Tanpa Charger

Wanovy | Teknologi | 10-03-2022

PARBOABOA - Samsung mulai menjual ponsel tanpa charger saat meluncurkan Galaxy S21 series. Mereka mengikuti langkah Apple untuk membuat ponselnya jadi ramah lingkungan, dan nampaknya semua ponsel flagship Samsung tidak lagi dijual dengan charger bawaan.

Ponsel kelas menengahnya di seri Galaxy A dan Galaxy M sejauh ini masih dijual dengan charger di dalam kotak kemasannya. Tapi sepertinya kebijakan ini tidak akan bertahan lama.

Sejak meluncurkan iPhone 12, Apple punya strategi baru. Apple menghilangkan charger bawaan di dalam paket penjualan.

Apple mengatakan bahwa charger dalam kotak penjualan dihilangkan adalah demi mengurangi limbah elektronik.

Namun, pengamat industri Ming-chi Kuo, menyebut Apple sengaja menghilangkan kedua aksesoris itu untuk mengimbangi biaya yang dikeluarkan untuk mengadopsi kemampuan jaringan 5G.

Mengutip laman Phone Arena, Rabu (9/3/2022), Samsung belum lama ini meluncurkan Galaxy A13 5G dan Galaxy A03s di Amerika Serikat.

Menurut informasi di situs resmi Samsung AS, kedua ponsel ini tidak memiliki charger di dalam kotak kemasannya.

Di bagian 'What's in the box' di toko online Samsung AS, kotak kemasan Galaxy A13 5G dan Galaxy A03s hanya berisi ponsel, kabel USB-C, dan pin ejector.

Galaxy A13 dan A03 yang baru memiliki kapasitas baterai jumbo 5000mAh, dan Samsung menyarankan agar pengguna menggunakan pengisi daya 15W untuk menambah daya.

Pada 'Key features' terdapat catatan yang bertuliskan bahwa charger untuk ponsel ini dijual terpisah. Pengguna disarankan menggunakan charger dan kabel original Samsung.

"Pengisi daya dijual terpisah, hanya gunakan pengisi daya dan kabel yang disetujui Samsung. Untuk menghindari cedera atau kerusakan pada perangkat Anda, jangan gunakan baterai, pengisi daya, atau kabel yang tidak kompatibel, usang atau rusak. Mendukung Pengisian Cepat hingga 15W." tulis Samsung.

Selain kedua ponsel itu, tipster Sudhanshu Ambhore mengatakan lewat Twitter bahwa beberapa peritel Eropa menuliskan bahwa Galaxy A13, Galaxy A23, Galaxy M23, dan Galaxy M33 akan dijual tanpa charger di dalam kemasan.

Di halaman press material untuk Galaxy A23 juga tertulis bahwa charger 25W Super Fast Charging dijual secara terpisah.

Catatan yang sama juga ditemukan di Galaxy A13, tapi tidak untuk Galaxy M23 dan Galaxy M33, yang mengindikasikan bahwa keduanya masih akan dijual dengan charger.

Sebagai referensi, halaman Galaxy A52 juga tidak memiliki catatan tersebut, dan ponsel itu masih dijual beserta charger.

Hingga kini, belum diketahui apakah Samsung akan menghilangkan charger di semua kotak kemasan ponsel kelas menengah dan entry level-nya, dan apakah kebijakan baru ini akan diterapkan di lebih banyak negara.

Tag : #gadget    #samsung    #galaxy    #charger    #samsung galaxy M series    #galaxy s21 series   

Baca Juga