Lock Screen iOS 16, foto: ninopedias.com

Samsung Tiru Tampilan Lock Screen iOS?

Wanovy | Teknologi | 04-10-2022

PARBOABOA - Samsung dituding meniru tampilan lock screen atau layar kunci dari iOS 16 milik Apple. Tampilan ini digulirkan dalam sistem operasi OneUI 5 Beta 3.

Diungkap oleh kreator video bernama Vaibhav Jain, opsi penyesuaian layar kunci Samsung di sistem operasi itu sangat mirip dengan apa yang ada di iOS 16, seperti dilansir dari 9to5Mac.

Disebutkan kalau layar kunci milik Samsung menawarkan lima model gaya jam, sementara Apple menawarkan delapan opsi. Kedua sistem operasi itu juga memberikan opsi untuk mengubah warna jam.

Ketika menambahkan wallpaper baru, kedua sistem operasi ini juga menawarkan koleksi background (latar belakang) yang disorot dengan cara yang sama.

Ketika menambahkan wallpaper baru, kedua sistem operasi ini juga menawarkan koleksi background (latar belakang) yang disorot dengan cara yang sama. Bedanya adalah Apple masih menawarkan widget bawaan dan pihak ketiga

Sedangkan Samsung hanya menawarkan ikon widget untuk notifikasi. Sebenarnya fitur itu sudah ada di Android 12 dan software Android buatan Samsung di generasi sebelumnya.

Tetapi fitur itu akan didesain ulang ketika Android 13 dirilis. Samsung memang kerap kali mengejek Apple, tetapi mereka justru sering meniru inovasinya.

Contohnya adalah ketika Apple membuang charger di box iPhone 12, yang kemudian ditiru Samsung.

Ejekan lain yang dilontarkan Samsung ke Apple adalah kamera 48MP di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Samsung mencibir kalau Apple hampir sampai ke sensor megapiksel tertinggi karena Galaxy S20 Ultra sudah merilis kamera 108MP.

Sebelum Samsung, Xiaomi sempat dilaporkan hal yang serupa. Seorang pengembang tema MIUI asal China, diketahui tengah membuat tema yang dapat mengubah HP Xiaomi menjadi tampak seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Tema itu diberi nama “Grumpy UI”.

Serupa dengan Dynamic Island, Grumpy UI juga menampilkan fitur lain, yaitu “Now Playing” di MIUI. Fitur tersebut dapat menampilkan musik apa yang sedang diputar. Lalu, tema tersebut pun dapat menyamarkan lubang kamera yang berada di pojok kiri atas layar.

Dikutip dari Notebook Check, tema yang mirip iOS 16 ini sudah tersedia di Theme Store. Namun, tampaknya tema tersebut tidak tersedia untuk pengguna Xiaomi di luar China.

Tag : #ios16    #samsung    #teknologi    #gadget    #apple    #update ios    #ios 16    #iphone14   

Baca Juga