Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi korban (KOMPAS.COM/DEWANTORO)

Satu Unit Ruko di Medan Sunggal Ludes Terbakar

Sarah | Daerah | 02-02-2022

PARBOABOA, Medan - Kebakaran melanda sebuah rumah toko (ruko) di Jalan Seroja, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan pada Rabu (2/2/2022) sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kota Medan Albon Sidauruk mengatakan, kebakaran itu mengakibatkan seorang penghuni rumah bernama Salfatenus Stefanus Situmorang (19) tewas terbakar.

Albon menyebutkan, api diduga berasal dari lantai satu rumah yang digunakan sebagai tempat berjualan sembako, gas dan minyak eceran. Ia juga mengatakan, awal kebakaran itu diketahui oleh seorang warga yang akan membeli gas. 

"Warga ada yang mau beli gas melihat api sudah marak di bawah," katanya.

Korban yang ketakutan melihat api sudah marak, kemudian naik ke lantai dua. Korban terjebak dengan api yang semakin membesar. Saat itu hanya korban seorang diri di rumah.

"Saat kejadian korban seorang diri di rumah, ayahnya bekerja, adiknya sekolah, dan ibunya berada di kampung," ungkapnya.

Warga sempat meminta korban untuk melompat dari lantai dua rumah, namun ia tidak melakukannya. Akibatnya, korban meninggal karena kehabisan oksigen dan terlalu banyak mengirup asap.

"Warga sudah menyarankan korban lompat, tapi dia tidak mau, itu dia lari ke atas sembunyi di kamar mandi. Kemungkinan karena asap sudah tebal itulah yang membuat korban (meninggal)," katanya.

Api baru bisa dipadamkan oleh Petugas pemadam kebakaran pada pukul 09.49 WIB. Selanjutnya petugas mengevakuasi jenazah korban yang berada di lantai dua ruko.

Manager Pusdalops BPBD Medan Ronald F Sihotang menjelaskan, presentase kebakaran mencapai 85 persen.

"Kebakaran mengakibatkan satu orang meninggal dunia. Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Bina Kasih menggunakan ambulans. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib," tukasnya.

Tag : #kebakaran    #ruko    #medan sunggal    #berita sumut    #berita medan   

Baca Juga