Tangkapan Layar Video Youtube Deddy Yang Menuai Kritik

Sebut Orang Gila, Deddy Corbuzier Disomasi

maraden | | 09-07-2021

Deddy Corbuzier mendapat somasi usai podcastnya yang membahas tentang orang gila bebas covid dianggap menyinggung kaum disabilitas dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

Ada Sekitar 80 Organisi dan perorangan yang kompak mengirimkan somasi terhadap mantan pesulap tenar itu diantaranya Asosiasi Revolusi Mental Indonesia , Perhimpunan Jiwa Sehat, dan banyak Lagi.

Somasi itu berkenaan dengan pernyataan Deddy dan Mongol dalam podcast yang membahas situasi pandemi. Dalam podcast tersebut secara mengalir saja Mongol dan Deddy menyebut bahwasanya  orang gila kebal terhadap virus Corona.

Adanya somasi tersebut membuat Deddy mengaku terkejut, akhirnya ia pun meminta maaf atas kesalahannya.Deddy Corbuzier meminta maaf lewat postingan di Instagram resminya tak lama setelah menerima surat somasi.

"Jadi saya minta maaf kalau ada yang tersinggung karena kata-kata gila. Sumpah deh… saya nggak tahu kalau kata-kata itu salah. Jujur saya kaget karena saya cek di KBBI masih pakai kata gila dan saya baru paham ada kata ODGJ. Artinya saya nggak pinter dan saya nggak update. Maafkan ya. Maafkan kebodohan dan sempitnya pengetahuan saya," tulis Deddy dikutip dari caption postingannya pada Rabu (30/6/2021).

Lebih lanjut Deddy pun memberikan penjelasan mengenai pembahasan soal 'orang gila tidak kena covid' bersama Mongol pada podcastnya adalah podcast berkonteks komedi, dimana diketahui Mongol adalah seorang StandUp Komedian.

Dalam diskusi Deddy yang juga diupload pada  2 Juli 2021 ke youtube bersama Prof .Dr.Hendri Subiyakto, Staff Ahli Kemenkominfo yang juga ketua Tim Pembuatan pedoman UU ITE, menjelaskan bahwa UU ITE bukan dibuat untuk mengancam orang hanya karena tidak senang atas ungkapan seseorang, delik aduan haruslah diajuan korban yang namanya disebut dalam perbuatan orang tertuduh. Sementara Deddy mengakui bahwa dalam podcastnya bersama Mongol tidak menyebutkan nama seseorang dalam penyebutan “orang gila” itu.

Atas niat baik Deddy pun mengucapkan permintaan maafnya sekali lagi di video youtube bersama Hendry Tersebut. Beberapa waktu setelah itu diketahui videonya bersama Mongol telah diturunkan dan tidak tayang lagi di Youtube.

Tag : #selebritis    #hukum    #nasional    #kesehatan    #hiburan   

Baca Juga