Tangkapan layar akun YouTube Jonannes Liong

Sebut UAS Mesum, Tagar Tangkap Johannes Liong Bergaung

Rini | Nasional | 27-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Seorang YouTuber asal Singapura bernama Johannes Liong mendadak menjadi trending topik.

Masyarakat Indonesia mendadak di buat panas, karena konten yang diunggahnya diduga berisi ujaran kebencian dan fitnah yang ditujukan kepada Ustaz Abdul Somad (UAS).

Melalui akun YouTubenya yang sudah mendapat subscribe sebanyak 1,26 juta, Johannes Liong mengunggah beberapa video dengan judul yang cukup memancing emosi pendukung UAS. Selain itu, wajah penceramah tersebut dipampangkan menggunakan baju tahanan.

Salah satu unggahan Johannes yang paling memicu kemarahan netizen Indonesia adalah video dengan judul, “TONTON SEKARANG!! TERBONGKAR KEMESUMAN UAS DI BALIK TANGISAN ABDUL SOMAD, AHOK BONGKAR ULAMA PALSU", dan di awal video diberi judul, "USTAD BAJINGAN KETAHUAN MESUM".

Kemudian ada juga video berjudul, "TONTON SEKARANG!! TERBONGKAR PENGREBEKAN UAS DI BALIK TANGISAN ABDUL SOMAD, AHOK BONGKAR ULAMA PALSU", dan di awal video diberi judul, "SOMAD RESMI DITANGKAP DENSUS".

Setidaknya ada 11 video tentang UAS yang diunggah Johannes di akun YouTube-nya.

Namun ternyata, video-vodeo ini hanya berisi cuplikan pendapat beberapa tokoh mengenai penolakan UAS masuk ke Singapura.

Hanya saja judul dan thumbnail yang provokatif, mengandung ujaran kebencian, bahkan cenderung hoax dan fitnah menjadi penyebab kemarahan warganet.

Warganet kemudian heboh dan menaikkan tagar #TangkapJohannesLiong hingga trending di Twitter. Warganet beramai-ramai melaporkan akun tersebut, namun hingga hari ini, Jumat (27/5)video di akun tersebut masih dapat ditonton.

Selain itu, warganet juga meminta agar YouTuber tersebut dapat segera di proses hukum atas dugaan fitnah yang dibuatnya.

"Assalamualaikum Bapak Ibu @mabespolri_ @DivHumas_Polri tolong proses Hukum Hoax, Ujaran Kebencian dan Fitnah terhadap @UAS_AbdulSomad yang dilakukan Akun Johanes Liong di YOUTUBE," tulis akun Twitter @coachhaddie_off dikutip Jumat (27/5).

“Anjir ni akun udah lama banget nimbulin ujaran kebencian. Alhadulillah sekarang udah viral semoga @DivHumas_Polri segera menangakap pelaku,” tulis pemilik akun @FamataAlFatih.

Tag : #ustaz abdul somad    #johannes liong    #nasional    #trending twitter    #tangkap johannes liong   

Baca Juga