Sedekah Subuh (Lamsari/Parboaboa.com)

Sedekah Subuh: Pengertian, Cara Melakukan dan Manfaatnya

Sari | Pendidikan | 02-04-2022

PARBOABOA – Rasullah SAW mengingatkan kepada semua umatnya untuk selalu melakukan sedekah. Kemudian salah seorang sahabat Nabi yang tidak memiliki kelebihan harta bertanya, “Bagi orang seperti kami bagaimana bisa bersedekah, wahai Rasullah?”

Nabi kemudian menjelaskan; “Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak. Mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusu, merupakan sedekah. Mengajak orang kepada yang baik dan melarang dari yang mungkar merupakan sedekah. Menyingkirkan batu dari jalan untuk memudahkan orang lewat, merupakan sedekah. Menuntun orang buta menyeberang jalan, merupakan sedekah. Memberi petunjuk kepada orang yang bertanya kepadamu, merupakan sedekah. Membantu orang-orang yang lemah dengan kekuatan dua betismu dan dua lenganmu, adalah sedekah. Bahkan senyumanmu ketika berhadapan dengan saudaramu, juga merupakan  sedekah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang sedekah dan makna sedekah sesungguhnya. Ada banyak macam cara bersedekah, salah satunya adalah sedekah pada subuh hari. Apa yang dimaksud dengan sedekah yang dilakukan pada saat subuh? Bagaimana cara sedekah subuh?

Berikut PARBOABOA sudah merangkum dari beberapa sumber tentang sedekah yang dilakukan pada saat subuh, cara sedekah subuh di rumah sendiri, dan manfaat sedekah subuh.

Pengertian Sedekah pada Waktu Subuh

Sedekah subuh adalah sedekah yang dilakukan pada waktu yang paling istimewa, yaitu di waktu subuh. Mengapa harus subuh? Karena subuh diyakini sebagai waktu terbaik. Keutamaan sedekah di waktu subuh tertuang dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّمَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada 2 malaikat yang turun, yang satu berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Sementara yang satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.” (HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383).

Dalam hadist tersebut memang tidak ada keterangan tentang waktu yang khusus dilakukan sedekah di waktu subuh dan hanya ada 2 malaikat yang berdoa pada waktu pagi hari.

Niat Sedekah Subuh

Sebelum melakukan sedekah pada subuh hari, sebaiknya harus didasari dengan niat yang baik dan bukan atas dasar paksaan. Untuk itu bacaan niat sedekah subuh adalah:

Latin: Nawaitu Ttaqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadhdlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholassururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya: "Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan."

Cara Sedekah pada Subuh Hari

Meskipun sedekah bisa dilakukan kapan saja dan memiliki banyak cara, namun ada perbedaan dengan tata cara sedekah subuh. Berikut tata caranya:

1. Memasukkan Uang ke Dalam Kotak Amal

Hal ini bisa kita lakukan ketika kita pergi ke masjid untuk melakukan salat subuh. Sebelum berangkat ke masjid kita sudah menyiapkan sejumlah uang yang nantinya akan di sedekahkan dengan cara dimasukkan kedalam kotak amal yang ada di masjid.

2. Mengirim Uang Sedekah Lewat Rekening

Sedekah di zaman sekarang bisa dilakukan tanpa bertemu langsung, yaitu dengan metode transfer. Cara sedekahnya dengan via transfer ke rekening yang ingin dituju, seperti mentransfer ke orang tua atau lembaga anak yatim piatu.

3. Memberi Makanan di Waktu Subuh

Salah satu kebutuhan yang paling penting adalah perihal makanan. Banyak orang diluar sana yang kesusahan untuk mendapatkan makanan. Untuk itu, kita bisa membagikan sedekah lewat makanan pada subuh hari kepada orang-orang yang berada di pinggir jalan atau untuk saudara muslim kita yang baru selesai melaksanakan salah subuh di masjid.

4. Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Cara sedekah diwaktu subuh saat dirumah adalah dengan memasukkan uang sedekah ke dalam kaleng khusus setiap selesai melaksanakan salat subuh. Saat hendak memasukkannya, niatkan apa yang menjadi hajat dan berdoa dalam hati. Setelah uang terkumpul dan kira-kira sudah bisa dibagi, kemudian bongkar celengan dan langsung serahkan sedekah tersebut.

Manfaat Sedekah Subuh

Melakukan sedekah subuh 40 hari memiliki banyak keutamaan. Berikut tentang manfaat sedekah subuh:

1. Dua Malaikat akan Datang dan Mendoakan

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan kepada HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Huarairah berkata;

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil."

2. Menghapus Dosa

Keutamaan sedekah subuh berikutnya adalah menghapus dosa dan memberikan ketenangan hati bagi siapa saja yang melakukannya, hal ini juga tertulis dalam sebuah hadist sebagai berikut;

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Trimidzi)

3. Pahala yang Berlipat Ganda

Allah berjanji kepada umat-Nya yang melakukan sedekah pada waktu subuh hari adalah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini tertera dalam Surat Al Hadid ayat 18.

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipa-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid ayat 18)

FAQ – Tentang Sedekah pada Subuh Hari

  • Sedekah subuh diberikan kepada siapa?

Sedekah pada subuh hari bisa diberikan kepada anak yatim, orang miskin, dan sedekah juga bisa diberikan kepada orang tua.

  • Jam berapa melakukan sedekah subuh?

Sedekah pada waktu subuh bisa dilakukan kapan saja, namun waktu yang paling dianjurkan adalah pada waktu subuh, sama seperti ketika waktu melakukan salat subuh.

  • Apa Contoh Sedekah subuh?

Sedekah pada waktu subuh bisa berupa makanan yang dibagikan ke tetangga atau orang yang ditemui di pinggir jalan, atau memasukkan sejumlah uang ke dalam kotak amal.

Tag : #pendidikan islam    #sedekah subuh    #pendidikan    #manfaat sedekah    #hadist tentang sedekah    #salat subuh   

Baca Juga