Jose Mujica (timeshighereducation.com)

Punya Kekuasaan Bukan Berarti Memiliki Harta, Inilah Sederet Presiden Termiskin di Dunia

Wulan | Internasional | 15-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Seorang pemimpin negara atau presiden biasanya dikenal dengan kekayaan yang dimilikinya. Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi presiden karena kekayaan dan kekuasaannya.

Namun, ternyata masih ada presiden yang tidak mempunyai kekayaan atau miskin  lho. Kenyataannya sederet presiden ini memilih hidup dengan cara yang sederhana dan fokus untuk mengabdikan dirinya bagi masyarakat.

Jika kamu penasaran dengan tokoh-tokoh ini, langsung aja simak ulasan mengenai presiden termiskin di dunia.

1. Jose Mujica (Uruguay)

Presiden Uruguay yang satu ini lebih memilih untuk mengikuti tradisi Presiden America Serikat, John F. Kennedy, yakni menyumbangkan 90% gajinya untuk amal.

Selain itu, Jose Mujica lebih memilih untuk tinggal di rumah pribadinya yang sederhana ketika resmi dilantik sebagai Presiden Uruguay pada tahun 2010.

Alih-alih menggunakan mobil dinas, Mujica tetap menggunakan mobil pribadinya yang merupakan Volkswaven produksi tahun 1987 serta motor Vespa klasik.

2. Hugo Chavez (Venezuela)

Tumbuh di lingkungan keluarga buruh yang miskin, Hugo Chavez tumbuh sebagai sosok yang peduli kepada pemberdayaan kaum miskin saat terpilih menjadi seorang presiden.

Chavez bahkan menyumbangkan seluruh penghasilannya untuk berbagai kegiatan sosial. Salah satu jasanya yang paling diingat adalah andilnya dalam memberantas buta huruf dan membebaskan biaya sekolah di Venezuela.

Selain itu, Chavez lebih suka menggunakan Jeep sederhana atau bahkan menumpang truk ketika melakukan perjalanan dinas.

Terlebih, presiden ini pun pernah membuka istana kepresidenan untuk para pengungsi ketika Venezuela dilanda banjir.

3. Fernando Lugo (Paraguay)

Fernando Lugo adalah mantan Presiden Paraguay yang menjabat pada 2008 – 2012. Ia memang terkenal dengan penampilannya yang selalu sederhana dan merakyat. Padahal, saat memimpin ia tergolong sukses lho dalam membangun negara.

Sebelum menjadi presiden, Lugo adalah seorang pastur sampai dijuluki dengan sebutan Pastor Kaum Papa. Bahkan, ia juga sangat dekat dengan rakyat miskin di Paraguay. Tahun 2008, Lugo menolak gajinya sebagi presiden dan memberikan gaji untuk kepentingan rakyat.

4. Mahmud Ahmandinejad (Iran)

Presiden Iran ke-6 ini dikenal sebagai pria yang sederhana dan bersahaja.

Daripada menggunakan mobil limosin mewah, Mahmud Ahmandinejad lebih memilih untuk menggunakan mobil tuanya untuk berkendara sehari-hari.

Salah satu keputusannya yang paling ikonik adalah ketika dia memutuskan untuk menyumbangkan semua karpet mewah yang ada di Istana Iran ke masjid-masjid yang ada di Taheran.

Selain itu, sebagai presiden dia tetap tinggal di rumahnya sendiri dan tidak mengambil gajinya sebagai pemimpin negara.

5. Robert Mugabe (Zimbabwe)

Robert Mugabe menjadi Presiden Zimbabwe sejak Desember 1987. Ia pernah dipandang sebagai pahlawan setelah memimpin pasukan gerilya melawan penguasa Rhodesia yang saat itu berkulit putih.

Dia mengambil alih kekuasaan pada tahun 1980 sebagai Perdana Menteri sebelum menjadi Presiden pada tahun 1987.

Robert telah terlibat dalam sejumlah kontroversi, khususnya penjarahan negara tetangga Kongo dengan berpura-pura membantu pemerintah yang terakhir.

Program reformasi pertanahannya juga diwarnai dengan kekerasan saat ia berupaya untuk mendistribusikan kembali tanah yang didistribusikan secara tidak adil selama negaranya sebagai koloni Inggris.

Tag : #presiden    #termiskin    #internasonal    #negara    #miskin    #negara rermiskin di dunia    #Jose Mujica    #Fernando Lugo   

Baca Juga