Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kloter pertama tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (Foto: AP/Dita Alangkara)

Sedikit lagi, Indonesia Bakal Jadi Negara Yang Memiliki Kereta Cepat di ASEAN

Syahrudi | Nasional | 02-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Rangkaian kereta cepat jakarta bandung (KCJB), telah tiba di pelabuhan tanjung priuk, Jakarta Utara. Ini merupakan rangkaian kereta cepat pertama yang tiba di indonesia dan ASEAN.

Kedatangan rangkai kereta cepat ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dan Wakil Mentri BUMN II Kartika Wiratmojo.

Setibanya di pelabuhan, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, bahwa kereta cepat di Indonesia menjadi salah satu bentuk kesiapan jelang pertemuan G20 yang diadakan pada November 2022 mendatang.

“Kita akan melakukan testing nanti di November, dari Tegalluar sampai dengan Kopo,” ujar Kartika di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022).

Datangnya rangkaian kereta cepat itu, lanjut Kartika, menjadi kabar baik karna menunjukan Indonesia mampu bersaing dengan negara maju sementara kereta cepat ditargetkan mulai beroprasi pada juni 2023 mendatang.

“Allhamdulillah rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung sudah tiba di indonesia. Ketibaan rangkaian kereta api cepat ini menjadi kabar baik untuk Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya," ujarnya.

Setelah kedatangan perdana, rangkaian selanjutnya akan dilakukan peroses pengiriman yang berkoordinasi bersama Jasa Marga, pelindo, PJR, dan pihak BPJT yang diprediksi akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari dan 15 Maret 2023.

“Jadi ini pengiriman akan berjalan selama 4 batch dan batch pertama akan segera kita kirim ke (Depo) Tegalluar,” ujar kartika.

“Kita bersyukur bahwa kereta ini sudah jadi, dan unit yang lain menunggu di cina dan segera di kirim dengan bantuan dari Pelindo semoga bisa berjalan dengan lancar,” lanjutnya.

Dalam sambutannya Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana slamet Riyandi menyebutkan, rangkai kereta cepat tersebut terdiri atas satu rangkaian kereta inspeksi dan satu rangkaian kereta cepat KCIC400AF untuk penumpang.

Setelah tida di Tanjung Priok, seluruh rangkaian KCIC400AF akan dikirim ke Depo Tegalluar dan akan dirangkai ulang untuk agar menjadi suatu kesatuan.

Adapun proses pengiriman rangkaian KCIC400AF ke Depo Tegalluar bakal melalui jalur darat yang hanya dilakukan pada Senin-Kamis pukul 22.00-05.00 WIB.

Artinya, perjalanan akan dilalukan saat arus lalu lintas tidak sibuk. Sehingga nantinya pengiriman rangkaian melalui darat ini tidak menggangu arus lalu lintas.

Tag : #kereta cepat    #jakarta    #nasional    #kereta cepet jakarta bandung   

Baca Juga