Potret peristirahatan Rima Melati (Instagram/@marisa_tumbuan)

Aktris Senior Rima Melati Dimakamkan Hari ini di TPU Tanah Kusir

Wulan | Hiburan | 25-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Aktris senior Rima Melati diketahui akan dimakamkan lebih cepat dari rencana. Aditya Tumbuan, Putra Rima Melati mengatakan jenazah sang ibu akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan hari ini, Sabtu (25/6/2022) pukul 14.00 WIB.

"Jam 2 siang di Pemakaman Tanah Kusir," ungkap Aditya, di Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jumat (24/6/2022).

Sebelum dimakamkan, akan ada prosesi tutup peti atau ibadah pelepasan sebagai umat Kristiani. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 45 menit dan dilanjutkan dengan perjalanan ke TPU.

Aditya juga mengungkapkan alasan pemakaman Rima Melati dimajukan sehari lebih cepat lantaran adiknya yang sedang berada di Jerman tidak bisa pulang ke Indonesia dengan alasan pekerjaan.

"Salah satu anggota kami berhalangan hadir faktor kerjaan di luar negeri. Saat ini sedang berada di Jerman," ungkap Aditya.

"Lagi ada kerjaan dua bulan. Sudah konfirmasi ke dia, ternyata tidak bisa pulang karena ada problem di sana," sambungnya.

Oleh karena itu, pihak keluarga berencana untuk menyediakan layanan streaming sehingga keluarga yang berhalangan hadir di pemakaman tetap bisa menyaksikan prosesi pemakaman.

Sebelumnya, Aditya mengungkapkan penyebab Rima Melati meninggal dunia. Istri dari aktor Frans Tumbuan ini wafat karena sakit yang dideritanya.

Rima Melati memiliki riwayat penyakit ulkus dekubitus, cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya lantaran ada tekanan yang berkepanjangan pada kulit.

Kemudian, sang aktris dibawa ke rumah sakit karena ada infeksi penyakit tersebut di bagian punggung hingga menyebabkan dirinya mengalami demam. Setelah dirawat selama dua minggu, Rima Melati ternyata memiliki infeksi lain, yaitu paru-paru dan menjalar ke ginjal.

Infeksi itu membuat Rima Melati harus melakukan cuci darah. Namun, tiba-tiba saat akan pindah ruangan, kondisinya tiba-tiba drop dan perawat yang datang menyatakan bahwa Rima Melati mengalami gagal jantung.

"Jadi, ketika saya mau pindah, sepertinya ibu drop. Dokter langsung lari, perawat lari, bilang ke saya, 'Ibu gagal jantung'," ujar Aditya.

"Akhirnya dilakukan pertolongan pertama. Di situ saya merasa bahwa memang sebaiknya ibu sudah saatnya untuk pergi," imbuhnya.

Rima Melati merupakan perempuan kelahiran Tondano, Sulawesi Utara, 12 Agustus 1939. Pemilik nama asli Marjolien Tambajong ini merupakan putri dari Non Kawilarang, seorang perancang dan perintis dunia mode Indonesia.

Rima merupakan artis lawas Tanah Air, yang masih eksis hingga saat ini. Adapun sejumlah film yang dibintanginya yaitu Intan Berduri, Kupu-Kupu Putih, Cinta Silver, dan Ayah, Mengapa Aku Berbeda?

Atas aktingnya di film Intan Berduri, Rima berhasil meraih penghargaan Piala Citra pertamanya pada 1973, sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Rima Melati menikah dengan Frans Tumbuan pada 3 Desember 1973. Dari pernikahan ini, Frans dan Rima memiliki tujuh orang anak. Namun Frans sudah lebih dulu berpulang pada tahun 2015 lalu.

Tag : #rima melati    #meninggal dunia    #hiburan    #aktris senior    #tpu tanah kusir    #aditya tambunan    #selebriti    #rima melati meninggal   

Baca Juga