Logo FIFA (Sumber Foto: FIFA.com)

Sejarah, Fungsi, Tugas, dan Peranan FIFA di Sepak Bola

Michael | Sepakbola | 20-01-2022

Parboaboa.com – Kepanjangan dari FIFA adalah Federation Internationale de Football Association. Mereka merupakan nama induk organisasi sepak bola di dunia.

Sebagai induk dari segala organisasi sepak bola di dunia, FIFA memiliki sejarah panjang sekaligus tugas yang sangat memengaruhi kondisi sepak bola di dunia.

FIFA juga berperan dalam pembuatan regulasi hingga menyelenggarakan kompetisi tingkat dunia. Peranan lainya adalah terkait pemberian gelar pemain terbaik, pengundian Liga Champion dan kejuaraan lainnya.

Berikut penjelasan lengkap sejarah, fungsi, tugas, dan peranan FIFA di sepak bola.

Sejarah FIFA

Dilansir dari situs resmi FIFA, induk organisasi sepak bola di dunia ini terbentuk pada 21 Mei 1904, Paris, Prancis. FIFA dirumuskan oleh dua tokoh sepak bola, yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet yang mengadakan pertemuan dengan 7 negara, yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Perwakilan yang hadir membentuk FIFA kala itu adalah Robert Guerin (Prancis), Louis Muhlinghaus (Belgia), Andre Espir (Spanyol), Ludvig Sylow (Denmark), Carl Anton Wilhelm Hirschman (Belanda), Victor E Schneider (Swiss), Max Kahn (Swedia). 

Dan ketujuh negara tersebut menjadi anggota pertama FIFA yang dipimpin oleh Robert Guerin (Prancis). Saat ini, terdapat 209 negara yang telah bergabung dengan FIFA yang bermarkas di Zurich, Swiss.

FIFA sendiri dibentuk dengan banyak tujuan mulia. Salah satu yang utama adalah mengatur segala hal yang berkaitan dengan sepak bola dan menyatukan asosiasi-asosiasi yang ada untuk bersama-sama memajukan olahraga ini.

Seperti diketahui, sebelum FIFA lahir, sudah ada beberapa asosiasi sepak bola di daratan Eropa. Beberapa diantaranya seperti Asosiasi Sepak Bola Italia (FICG) yang didirikan pada tahun 1898, serta Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang dibentuk pada tahun 1863 dan menjadi asosiasi sepak bola pertama di dunia.

Selain itu, para asosiasi sepak bola yang telah lebih dulu didirikan itu tidak secara langsung bergabung dibawah naungan FIFA. Mereka sempat melakukan penolakan tanpa alasan yang jelas dan baru ikut bergabung bersama FIFA satu tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1905.

Saat ini, FIFA menaungi banyak sekali asosiasi-asosiasi serta negara dan membaginya kedalam induk organisasi yang berbentuk regional, antara lain:

Asian Football Confederation (AFC)

Asian Football Confederation (AFC) adalah organisasi sepak bola untuk negara-negara di Asia, tetapi Australia ikut bergabung di AFC. Organisasi ini didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina, AFC merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA.

Union of European Football Associations (UEFA)

Berdiri pada tanggal 15 Juni 1954, Basel, Swiss. Union of European Football Associations (UEFA) adalah organisasi sepak bola yang berada di benua Eropa. Sebagai badan sepak bola terbesar di dunia, UEFA menjadi asosiasi yang terkuat dari segi keuangan dan memiliki pengaruh kepada sepak bola dunia.

Confederation Africaine de Football (CAF)

CAF merupakan badan organisasi sepak bola untuk negara-negara di Afrika. CAF dibentuk pada 8 Februari 1957 di Khartoum, Sudan.

CONMEBOL atau CSF (Confederation Sudamericana de Futbol)

CONMEBOL merupakan konfederasi sepak bola negara-negara dikawasan Amerika Selatan. Organisasi ini didirikan pada tanggal 9 Juli 1916.

Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF)

CONCACAF adalah organisasi sepak bola untuk negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia. Adapun tiga negara Amerika Selatan juga ikut tergabung dalam organisasi ini, yakni Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. CONCACAF dibentuk pada tanggal 18 September 1961 di Kota Meksiko.

Oceania Football Confederation (OFC)

Organisasi yang dibentuk pada tahun 1966 untuk menaungi sepak bola di kawasan Oceania seperti Selandia Baru, Papua Nugini, Fiji, Tonga, dan negara-negara Pasifik lainnya.

Fungsi dan Tugas FIFA

Berdasarkan statuta FIFA, fungsi FIFA dalam sepak bola adalah untuk memastikan agar kompetisi sepak bola profesional dapat terlaksana dengan sempurna.

Selain itu, FIFA juga berfungsi untuk menyusun peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan serta penegakannya. Kemudian mengontrol serta mengatur sepak bola profesional yang bersifat global.

Sebagai induk organisasi sepak bola internasional, tugas FIFA tak bisa dianggap reme. Berikut daftar tugasnya:

  1. Mempromosikan sepak bola
  2. Melakukan pengaturan transfer pemain dari tim ke tim yang lain
  3. Memutuskan gelar pemain terbaik dunia
  4. Mempublikasikan daftar peringkat dunia FIFA ada setiap bulannya

Ini merupakan beberapa dari banyaknya tugas yang harus dikerjakan FIFA untuk mengembangkan sepak bola dunia.

Peranan FIFA di Sepak Bola

FIFA berperan penting dalam perkembangan sepak bola dunia. Mereka harus menyelenggarakan beberapa kompetisi bersifat dunia dan juga regional. Dan bukan hanya itu saja, FIFA juga harus mempersiapkan pesta sepak bola dunia yang bertajuk Piala Dunia.

Piala Dunia pertama kali yang dihadirkan FIFA terjadi pada tahun 1930 dimana Uruguay menjadi tuan rumah sekaligus pemenang dari kompetisi pesta sepak bola dunia pertama tersebut.

Jules Rimet, Presiden FIFA ketiga menjadi prakarsa Piala Dunia pertama ini. Ia terinsipirasi untuk membuat turnamen Piala Dunia setelah kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade.

Hingga saat ini, FIFA juga memegang peranan ini sebagai penyelenggara permainan sepak bola secara global termasuk bertanggung jawab menggelar pesta sepak bola dunia, Piala Dunia.

Demikian sejarah, fungsi, tugas, dan peranan FIFA di sepak bola yang telah Parboaboa rangkum dari beberapa sumber terpercaya.
 

Tag : #fifa    #liga inggris    #liga spanyol    #liga prancis    #liga italia    #liga jerman    #pssi    #bri liga 1   

Baca Juga