Logo Hari Pahlawan 2021

Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Simak Sejarahnya

rini | Nasional | 10-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar  - Hari ini tepat pada 10 November Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional. Hari Pahlawan merupakan sebuah peringatan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur pada masa penjajahan.

Hari Pahlawan 2021 diperingati dengan tema “PAHLAWANKU INSPIRASIKU’. Adapun logo Hari Pahlawan tahun ini adalah bambu runcing dengan nuansa merah putih.

Adapun filosofi logo tersebut dilansir dari halaman Kemensos adalah:

1. Bambu runcing merupakan senjata sederhana yang dipakai para pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian pahlawan menghadapi kolonialisme.

2. Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Mereka adalah sosok yang gemar menolong orang lain.

3. Buku merupakan simbol sumber inspirasi generasi masa kini untuk memahami kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan napak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

4. Bendera Merah Putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan negara: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

5. Kepalan tangan merupakan simbolisasi keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Diharapkan generasi sekarang memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan 10 November untuk mengingat pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945 melawan pasukan Inggris. Pertempuran di kota tersebut menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia atas kolonialisme.

Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sebenarnya gencatan senjata antara milliter Inggris dan warga Surabaya sebenarnya sempat mereda. Namun beberapa bentrokan masih terjadi. Salah satu bentrokan kemudian menyebabkan Brigadir Jenderal Mallaby  Pimpinan Tentara Inggris di wilayah Jawa Timur tewas.

Kematian Mallaby inilah yang kemudian memicu kemarahan Inggris sehingga mereka meminta masyarakat untuk menghentikan perlawanan dan menyerahkan persenjataan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. 

Ultimatum tersebut dikeluarkan oleh Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang menggantikan Jenderal Mallaby pada 10 November 1945.

Selain penyerahan senjata, Inggris juga mengancam akan menggempur Kota Surabaya dari berbagai aspek, yaitu dari darat, laut, dan udara, jika rakyat Indonesia tidak menaati ultimatum tersebut.

Tentara Inggris juga mengeluarkan instruksi yang meminta semua pemimpin bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya pada 10 November 1945, pukul 06.00 pagi di tempat yang telah ditentukan. 

Namun rakyat Indonesia mengabaikan ultimatum tersebut, sehingga pecah sebuah pertempura di Surabaya yang berlangsung selama 3 minggu.

Alih-alih menaati ultimatum, rakyat Surabaya memilih untuk mengabaikannya sehingga meletus pertempuran yang sangat dahsyat.  Pertempuran tersebut terjadi di Surabaya pada 10 November 1945 dan berlangsung selama kurang lebih 3 minggu.   

Sebanyak 20.000 rakyat Surabaya yang sebagian besar warga sipil menjadi korban pertempuran tersebut.  Dari pihak Inggris, sebanyak 1.600 tentara tewas, hilang, dan luka-luka serta puluhan peralatan perang rusak dan hancur. Selain itu, diperkirakan sebanyak 150.000 orang terpaksa meninggalkan Surabaya.  Banyaknya korban yang gugur serta perjuangan rakyat Surabaya yang tidak kenal menyerah membuat tentara Inggris serasa terpanggang di neraka. 

Hal inilah yang kemudian membuat Kota Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan dan tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Tag : #hari pahlawan    #sejarah hari pahlawan    #logo hari pahlawan    #nasional   

Baca Juga