Olahraga Ekstrem Air Rafting (Dok: hadenaindonesia.co.id)

Sejarah Olahraga Air Ekstrem Rafting, dan Juga Manfaatnya!

Thoriq | Olahraga | 06-06-2022

PARBOABOA - White water rafting atau yang lebih sering disebut dengan arung jeram, merupakan salah satu olahraga air ekstrem, yang kini populer dimainkan. Olahraga rafting atau arung jeram, merupakan sebuah aktivitas pengarungan alur sungai yang berjeram, dengan menggunakan wahana tertentu.

Olahraga air satu ini biasanya menggunakan alat, berupa pelampung ban, dan ada juga yang menggunakan perahu karet. Dalam permainan arung jeram, biasanya terdiri dari 5 hingga 7 orang pemain, dan sudah termasuk river guide.

Dibalik populernya olahraga arung jeram, berikut ini merupakan sejarah awal dari permainan arung jeram, di dunia.

Sejarah Arung jeram (Rafting) di Dunia

Olahraga rafting merupakan salah satu olahraga air, yang masuk ke dalam kategori petualangan, dan masuk dalam jenis Olahraga Arus Deras (ORAD). Olahraga ekstrem satu ini perlu pengawasan, karena rafting memiliki sejumlah resiko bagi pemainnya.

Olahraga rafting pertama kali dimulai di negara Amerika Serikat, setelah perang dunia ke- II. Waktu itu beberapa orang enterpreneur menyusuri sungai Colorado, dengan menggunakan perahu Pontoon, yang merupakan perahu sisa perang dunia ke- 2.

Setelah itu, olahraga rafting menjadi kian berkembang pada tahun 1960-an, dengan beberapa teknologi, dan rancangan untuk membuat perahu, seperti yang kini kita kenal.

Olahraga ekstrem ini memang membuat adrenalin menjadi terpacu. Kegiatan pengarungan sungai ini ternyata memang sejak dahulu sudah dilakukan manusia. pada jaman dahulu manusia sering menggunakan batang kayu sebagai alat transportasi, hingga orang-orang Carib Indian mengembangkannya, dan diberi nama progue.

Sebelum orang-orang mengenal olahraga rafting, orang primitif dulu menggunakan perahu dan menyebutnya Out Canoe, kemudian dikembangkan menjadi Bark Out Canoe. Perahu pada saat itu dibuat dari tempelan papan kayu, ada juga yang melapisinya dengan kulit binatang, sehingga perahu tersebut, tidak tembus air.

Kendaraan air tersebut mengalami perkembangan pada abad ke- 19. Seorang bernama Mc Greegor membuat kendaraan tersebut, menjadi sebuah alat olahraga air.

Dikarenakan olahraga ekstrem ini mulai banyak digemari, kemudian beberapa perkembangan mulai dilakukan, mulai dari menciptakan sebuah perahu yang khusus rafting, hingga memberikan inovasi berupa material perahu yang kuat, agar dapat mengangkut banyak orang.

Olahraga ekstrem ini pertama dikenalkan oleh Mayor John Wesley Powll, yang merupakan seorang tentara, dan mendapat julukan bapak arum jeram dunia. Arum jeram diperkenalkan pertama kali, ketika ia menyusuri sungai Colorado sejauh 250 mil.

Hingga kini olahraga rafting berkembang di Indonesia, sangat banyak perkumpulan-perkumpulan pencinta arung jeram yang sering mengarungi arus sungai. Akan tetapi olahraga ekstrem satu ini masih kurang dalam standar keselamatannya.

Salah satu kecelakaan pada olahraga ekstrem ini, pernah terjadi kepada kepala divisi komunikasi BPPN Raymon van Beekum. Ia tersapu arus sungai Cisede, Bogor.

Jika Anda ingin merasakan sensasi olahraga ekstrem satu ini, maka harap perhatikan alat pendukung keselamatannya terlebih dahulu.

Manfaat Olahraga Arung Jeram (Rafting)

Dibalik resiko permainan rafting, olahraga ekstrem ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa manfaat dari olahraga rafting yang perlu Anda ketahui.

1. Merefresh Pikiran, dan Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Olahraga rafting biasanya dilakukan pada sungai, yang memiliki banyak pepohonan di sekitarnya. Suasana tersebut ternyata mampu membuat pikiran Anda menjadi segar kembali. Kegiatan ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja di kantoran, dan jenuh terhadap aktivitas sehari-hari.

Selain menyegarkan pikiran, olahraga satu ini juga mampu melatih otot-otot pada tubuh Anda. Saat melakukan rafting, Anda akan banyak melakukan aktivitas mendayung. Sehingga sangat baik untuk melatih otot, dan kesehatan jantung Anda.

2. Melatih Rasa Percaya Diri

Mungkin bagi pemula yang akan melakukan rafting, akan merasakan ragu. Akan tetapi, permainan ini akan  memberikan perasaan gembira, dan menyebabkan naiknya adrenalin. Adrenalin ini akan membuat Anda semakin bersemangat, dan percaya diri. Sehingga manfaat olahraga rafting ini akan membuat anda lebih siap, untuk menghadapi berbagai macam rintangan yang ada pada jalur sungai.

3. Meningkatkan Kerjasama Tim

Permainan rafting sangat memerlukan kerja sama tim. Arus sungai yang terdiri dari berbagai macam rintangan, sehingga manfaat olahraga ini, akan meningkatkan kerja sama tim pada diri Anda dan juga melatih Anda, dalam manajemen konflik tim.

4. Meningkatkan Pengalaman Psikologi

Didalam permainan olahraga ekstrem ini, Anda akan diperlihatkan dengan orang-orang yang berusaha bangkit, tetap mendayung dengan kelelahan, dan tetap berusaha. Hal ini secara tidak sadar akan menambahkan pengalaman psikologi bagi Anda.

Anda akan dilatih bagaimana menjadi seseorang yang tidak gampang menyerah, memiliki kesabaran, kegigihan, kerjasama dan pengalaman lainnya.

Kegiatan olahraga air ekstrem ini memiliki banyak manfaat positif, dan juga memiliki sejumlah resiko dalam pelaksaannya. Dibarengi tingkat keamanan yang terjamin, olahraga satu ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda lakukan bersama teman dan keluarga.

Tag : #olahraga ekstrem    #rafting    #olahraga    #arung jeram    #olahraga air   

Baca Juga