Sejarah Perkembangan Bola Voli di Dunia dan di Indonesia (Dok: tirta.id)

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Dunia dan di Indonesia

Thoriq | Olahraga | 26-05-2022

Permainan bola voli berasal dari Amerika Serikat.  Menurut sejarah permainan bola voli, permainan ini diciptakan oleh seseorang bernama William G. Morgan di Amerika Serikat pada 1895. Ia lahir di Lockport, New York, pada 1870.

Sejarah bola voli pertama diciptakan oleh William G dengan sebuah nama yaitu Mintonette.

Kemudian pada tahun 1896, penemu bola voli ini memutuskan untuk memadukan unsur yang ada pada permainan bola basket, tenis, dan bola tangan.

Dari sinilah Morgan menciptakan awal sejarah, permainan bola voli.

Saat ini permainan bola voli sudah sangat banyak sekali dimainkan oleh masyarakat dunia. Biasanya permainan ini dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing memiliki 6 orang pemain.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sejarah permainan bola voli di dunia, dan di Indonesia.

1. Sejarah Bola Voli di Dunia

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan. Sejarah permainan bola voli, pertama kali ditemukan setelah morgan bertemu dengan pencipta bola basket, yaitu James Naismith.

Dari pertemuan keduanya, morgan kemudian menciptakan sebuah permainan bola, dengan sebuah nama Mintonette. Mintonette merupakan nama permainan bola, sebelum diganti menjadi nama bola voli.

Alasan dibalik William G. Morgan menciptakan permainan ini belum jelas, namun sejarah bola voli ditemukan karena pertemuan Morgan dengan Naismith, kemungkinan penemu sejarah bola voli ini terinspirasi dari bola basket.

Pada awalnya olahraga bola voli dimainkan oleh anggota YMCA, namun ketika berkembang olahraga ini populer dan dimainkan pada suatu acara International YMCA Training School.

Setelah tahun 1896, terjadi perubahan nama Mintonette menjadi bola voli atau Volley Ball.

Permainan bola voli diciptakan oleh Morgan tersebut, awalnya dapat dimainkan oleh banyak pemain, dan tidak memiliki batasan jumlah. Tujuan dari permainan ini awalnya untuk mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net.

Namun setelah ditetapkan dengan sebuah nama permainan Bola voli, kemudian jumlah pemain dibatasi menjadi 6 orang.

2. Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah bola voli di Indonesia, awalnya karena negara Indonesia pada saat itu sedang dijajah oleh Belanda. Tepatnya pada tahun 1928, olahraga ini banyak dimainkan oleh para bangsawan dari negara Belanda.

Ternyata masa penjajahan Belanda yang terjadi di Indonesia, merupakan awal sejarah bola voli di Indonesia, yang kini sangat banyak penggemar.

Setelah permainan bola voli sudah cukup populer, kemudian munculah beberapa klub bola voli, terutama pada kota-kota yang besar di Indonesia.

Dikarenakan pada saat itu popularitas bola voli berkembang dengan sangat pesat di Indonesia, kemudian dibentuk lah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, yang dikenal dengan PBVSI.

Organisasi PBVSI didirikan di kota Jakarta, pada tanggal 22 januari 1955. Organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pertama kali diketuai oleh Wim J. Latumeten.

Organisasi ini memiliki tujuan yaitu, untuk ikut aktif mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia, sehingga dapat melaksanakan liga profesional dalam negeri ataupun kejuaraan internasional di luar negeri.

Semenjak PBVSI berdiri, cabang olahraga ini semakin aktif, untuk mengembangkan popularitasnya di Indonesia. Pertandingan bola voli pertama kali dipertandingkan pada Oktober 1951.

Pada saat itu bola voli sangat populer di Indonesia, sehingga bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.

Dari saat itu hingga sekarang, permainan ini sangat banyak dimainkan. Bahkan permainan bola voli sudah menjadi salah satu materi pembelajaran olahraga di setiap sekolah.

Tag : #Bola voli    #sejarah voli    #olahraga    #belajar voli    #bermain voli    #sejarah voli dunia    #sejarah voli indonesia   

Baca Juga