Ilustrasi Sejarah Vespa (Dok.Vespa.com)

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia dari Masa ke Masa

Mei | Otomotif | 12-06-2022

PARBOABOA - Tahukah kamu? Ditahun 2021 kemarin merupakan sebuah tahun yang penting bagi para komunitas pencinta kendaraan bermotor sejenis vespa.

Pada tahun 2021 yang lalu, tepatnya pada saat perayaan ulang tahun Vespa yang-75, provider kedaraan ini merayakan atas keberhasilannya dalam memproduksi lebih dari 19 juta unit yang tersebar di seluruh kawasan.

Tidak hanya di kawasan lokal saja, ternyata sepak terjang dari Vespa juga sudah tergolong mendunia. Hal ini sebabkan karena cukup banyak orang yang menggemari jenis sepeda motor yang satu ini.

Lantas, bagaimana sebenarnya sejarah vespa di Indonesia? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian, mari simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Vespa di Indonesia

Era 1950-an

Tahun 1950 bisa dibilang menjadi sebuah era yang paling bersejarah untuk Vespa, karena di tahun ini lah awal mulanya kendaraan bermotor sejenis Vesva ini diperkenalkan secara resmi kepada public.

Pada awal kemunculan jenis sepeda motor ini, Vespa menjadi sebuah kendaraan yang paling banyak diminati, sehingga menjadi sebuah primadona pada masanya.

Hal ini disebabkan karena Vespa hadir dengan bentuknya yang unik dan dianggap berkarakte serta revolusioner pada masanya.

Era 1960-an

Nah, selama satu dekade sejak kemunculannya, populeritas Vespa dikalangan masyarakat semakin naik daun dan juga semakin diterima dikalangan masyarakat.

Pada masa ini, vespa juga terpilih menjadi sebuah symbol bagi penghormatan untuk Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia, dimana pemerintah memberikan sebuah vespa sebagai hadiah atas jasa Kontigen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo.

Era 1970-an

Kejayaan Vespa terus berlanjut, melalui model-model klasik dan ikonik, dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc dan Vespa Special 90cc. Sampai hari ini, Vespa model klasik dan ikonik tersebut masih bernilai di mata para pecinta Vespa juga sebagai gaya simbolik klasik yang penuh gaya.

Era 1980-an

Nah, di erah ini Vespa semakin menarik perhatian masyarakat luas, khusunya bagi mereka para pecinta otomotif yang bertajuk line up big engine.

Di tahun ini, vespa untuk pertama kalinya mengeluarkan sebuah kendaraan bermotor yang memiliki model big engine , yakni Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc.

Peluncuran ini tentunya disambut baik oleh masyarakat dan juga mendapatkan begitu banyak apresiasi dari kalangan pecinta Vespa bahkan hingga saat ini.

Era 1990-an

Pada era ini, untuk pertama kalinya di Indonesia, Vespa Corsa hadir dan dilengkapi oleh starter elektrik dan transmisi matik.

Ditahun ini, vespa sudah mulai mengalami perkembangan serta sudah beralih tipe, dari klasik menjadi modern dan tipe ini menjadi salah satu pelopor terciptanya sepeda motor jenis matik yang ada di tanah air.

Tahun 2000-an

Ditahun ini, bertepatan dengan ulang tahun dari Vespa, provider kendaraan bermotor ini meluncurkan tiga produk terbarunya sekaligus.

Tiga tipe tersebut terdiri dari Vespa ET4, Vespa ET2, dan Vespa ET2 Injection. Vespa ET4 sangat banyak diminati  di era milenium karena untuk pertama kalinya, Vespa hadir dengan mesin 4-tak serta transmisi fully automatic.

Dan unutuk Vespa ET4, merupakan sebuah Vespa dengan kategpri Limited Edition karena pada dasarnya jenis yang satu ini hanya dibuat khusus bagi para  tim Ferrari ketika merayakan pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia Formula 1.

Tahun 2015

Di tahun ini, vespa sudah mulai menjalin sebuah kerja sama dengan Giorgio Armani, salah satu brand ternama di dunia dan meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani.

Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk interpretasi atas perayaan dua ulang tahun merek Italia yang mendunia, yakni ulang tahun Piaggio Group yang ke-130 dan brand Giorgio Armani yang ke-40.

Tahun 2016

Di tahun ini, tepatnya pada saat perayaan vespa yang ke-70, provider kendaraan bermotor ini kembalin meluncurkan produknya yang paling terbaru.

Di tahun ini, mereka meliris tiga produk vespa sekaligus, yakni untuk model Vespa PX, Primavera, dan GTS.

Semua produk baru tersebut  merupakan barang limited edition yang dibungkus dengan warna Azzurro 70, warna biru muda khas tradisi Vespa. D

Di tahun ini juga vespa sudah mulai melakukan modifikasi terhadap mesin kendaraan, yakni dengan memperkenalkan teknologi mesin i-get.

Tahun 2017

 Di tahun ini, para provider kendaaran motor sejenis Vespa, seperti PT Piaggio Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya yang bertipe  GTS 300, yang dikenal sebagai Vespa yang memiliki tenaga big engine dan menjadi standar terbaru bagi Vespa GTS di masa depan.

Tahun 2018

Tahun ini juga menjadi tahun yang cukup special. Di tahun 2018, bertepatan dengan perayaan ulang tahun Vespa yang ke-50, provider kendaraan bermotor yang satu ini kembali meluncurkan produk terbarunya yang dikenal dengan Vespa Primavera dan sangat banyak digunakan oleh masyarakat, bahkan hingga saat ini.

Tahun 2019

Pada tahun ini, para provider Vespa Indonesia kembali  meluncurkan jenis vespa yang memiliki varian bentuk dan jenis yang sudah mulai mengikuti perkembangan zaman.

Beberapa tipe Vespa yang diluncurkan di tahun ini adalah Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS, dimana menjadi varian pertama yang dilengkapi dengan fitur berupa layar digital TFT berwarna.

Tahun 2020

Pada tahun 2020, Vespa sudah mulai melakukan sebuah kerja sama dengan para seniman kelas dunia melalui Vespa Primavera Sean Wotherspoon dengan jumlah yang sangat terbatas.

Tahun 2021

Di tahun ini, tepatnya pada saat perayaan vespa yang ke-75 dan sudah meluncurkan produknya sebanyak lebih dari 19 juta unit produksi secara global.

Dan saat ini, Vespa masih saja eksis di kalangan pengguna sepeda motor dan banyak di pakai diberbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orangtua,

Nah, itulah sekilas pembahasan kita mengenai sejarah Vespa di Indonesia, semoga penjelasan kali ini dapat menambah wawasan kalian ya.

Tag : #vespa    #sepeda motor    #otomotif    #kendaraan   

Baca Juga